Pages

Senin, 09 Januari 2012

Sedikit “Fuck ta” tentang Sinetron Indonesia

Tayangan TV di Indonesia kayake sekarang uda sulit banget lepas dari yang namanya sinetron. Kalaupun ada, mungkin hanya stasiun tv yang emang fokus ama segmentasi berita.

Kalo kita nonton tv di saat prime time, ato sekitar jam 6 sore ampe jam 10 malem beberapa stasiun tv swasta kayake berlomba2 buat nayangin sinetron. Apalagi sekarang uda jamannya sinetron stripping, jadi tuh sinetron dibuat tayang tiap hari.

Sebenere sinetron itu juga bukan tayangan yang baru booming di Indonesia sih. Coz dari dulu juga uda ada banyak sinetron di Indonesia, mungkin jadwalnya aja yang gak segila kayak sekarang. Kadang, aku ampe bingung waktu mau nonton tv di prime time kayak gitu. Masak tiap hari mata ku harus disuguhi ama akting kacangan pemain sinetron, yang menurutku masih bagusan akting temenku yang dulu pernah ikut ekskul teater di SMA.

Aku pun sampai hapal beberapa adegan di sinetron yang menurutku aneh banget. Inget, aku hapal bukan karena suka lho, tapi karena kesel aja. Soale, pernah ada satu teori yang bilang, kalo sesuatu itu gampang diinget apabila ia disukai dengan sangat, ato dibenci dengan sangat. Nah, kalo buat aku kayake lebih pas yang kedua tuh…

Jalan Cerita

Dari segi cerita pasti agan2 semua uda bosen banget. Pasti seputar cintanya anak muda, keluarga, rebutan warisan, terus kadang2 dikasih bumbu religi dengan ngasih embel2 judul yang agak nyerempet2 sisi religiusitas kayak, “Sajadah Cinta, Tasbih Cinta, Sarung Cinta, Mukena Cinta, Ketika Cinta Ber sarung, Ketika Cinta Berpeci ato yang lainnya”. Bahkan, kadang kalo lagi musimnya, ada juga bumbu klenik. Kayake sutradara2 yang bikin sinetron itu daya kreativitasnya perlu dipertanyakan. Kenapa ndak bikin sinetron yang setidaknya sedikit menyentuh kehidupan nyata di masyarakat. Misal, bikin aja sinetron tentang kehidupan masyarakat yang hidup di daerah kumuh perkotaan, terus ada pejabat ato pengusaha yang pengen gusur mereka, tapi tentunya gak dibikin lebay juga sih ceritanya


Ini nih salah satu sinetron di Indonesia gan :D

http:// www.facebook.com/photo.php?fbid=110138965728314set=a.109837565758454.15924.109833815758829&type=3&theater

Ilustrasi Musik

Di beberapa sinetron kadang ilustrasi musiknya berisik banget. Tiap adegan selalu aja ada ilustrasi music. Kalo musiknya kalem sih enak, kadang2 suka ngagetin orang.

Adegan yang gampang di tebak.

Hampir setiap adegan yang ada di sinetron, aku pasti bisa nebak. Misalnya, kalo ada cewek dan cowok yang sama2 punya tampang cakep, dan diawal2 cerita mereka dikisahkan sebagai dua orang yang suka berantem, pasti ujung2nya bakalan jadian. Terus, kalo ada cowok cakep yang lagi kena musibah, misal kecemplung sungai, ato kecelakaan, pasti yang tampil jadi sosok penolongnya cewek cakep juga, begitu juga sebaliknya. Ato, misalnya kalo lagi ada dokter yang pengen ngabari keluarga pasiennya yang lagi sakit, tapi keluarganya belum tahu, tuh dokter pasti nelpon ke keluarganya, ada dialog yang menurutku aneh banget. Misal dokternya bilang kayak gini: “maaf pak, anak bapak lagi ada di rumah sakit karena kecelakaan,”.

Terus bapaknya langsung jawab gini, “oke saya akan langsung ke sana,”.

Nah yang jadi pertanyaan, dokternya belum bilang anaknya lagi dirawat di rumah sakit mana, kok tiba2 aja tuh bapak mau ke rumah sakit. Sakti amat tuh bapak gan… :D

Terus, kadang kan ada pemeran utama yang di ceritanya uda divonis ama dokter misal umurnya uda gak bakalan lama lagi, dan sering sakit2an. Tapi yang bikin aku bingung lagi, ternyata ampe tuh sinetron tayang ampe habis, tokoh utama juga gak mati2 gan.

Ato, kadang ada mahasiswi baru yang lari ke kampus karena telat, terus tiba2 aja karena ceroboh dia nabrak mahasiswa yang keren. Pertama mereka berantem, tapi di akhir cerita mereka saling suka…halah…mudah banget kan ditebak? :D

Pemeran Yang Cakep2 Banget

Kayake ini satu2 nya yang jadi kekuatan sinetron di Indonesia yang kadang bisa menarik aku buat nonton, he he he. Pemerannya kadang kelewat cakep gan. Misalnya cewek2nya, bbbeeuuuhhh pasti gak bakalan nemu yang jelek, kecuali emang disitu diceritain sebagai karakter yang jadi banyolan, ato emang diceritanya dia harus jadi orang yang jelek secara fisik. Mulai dari emaknya, anaknya, tantenya, ampe pembantunya kayake emang gak ada yang jelek, dan semuanya kadang pakai pakaian yang minim banget. Bahkan, pernah ada yang tanya soal itu, “sebenernya sinetron Indonesia ama bokep itu apa bedanya sih? Kok semua pemerannya cakep2 banget, kayak nonton film bokep aja?”.

Yang Nonton

Aku berani taruhan gan, misal diadain survey, para penonton sinetron di Indonesia itu pasti kebanyakan terdiri dari emak2, pembokat, dan sedikit remaja putri. Kalopun ada yang diluar itu, pasti presentasenya dikit banget.

Uda segini aje gan tulisanku seputar sedikit fakta tentang sinetron. Fakta2 tadi agan2 boleh setuju, boleh juga gak. Soalnya kadang ada juga sinetron yang memiliki nilai pendidikan tinggi.

Kalo ente ada lagi, tolong sebutin lagi aja gan fakta lainnya, ditunggu ya…..

Ciao…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger