Pages

Sabtu, 28 Januari 2012

Saat Motorku Harus Naik Becak Antara Gemblongan-Wonokromo

Imlek yang selalu turun hujan…..

Kayake ini kejadian yang buat aku selalu berdoa semoga kejadian kayak gini gak terulang lagi. Gmn ndak gan? Gara2 kejadian itu, hampir aja berat badanku terancam turun.

Waktu itu kejadiannya waktu aku pulang kerja dari Gresik, dan mau pulang ke Surabaya. Berangkat dari Gresik sih perasaanku enak2 aja, gak ada sesuatu yang menakutkan yang ada di pikiran ane gan.

Mulai dari pasang helm, bawa ransel, ampe starter motor semuanya gak ada masalah gan. Bahkan, waktu motorku uda jalanpun juga gak ada masalah. Aku pun melaju dengan santai seperti biasanya pake motor kerenku….:D

Sepanjang setengah jam perjalanan masih ndak ada masalah. Nah, masalah baru muncul waktu aku uda nyampe di sekitar Greges. Waktu itu tiba2 aja, rantai motorku los, ato ato nyangkut di gigi roda gara2 kendor.

Aku pun kepaksa berhenti buat benerin tuh rantai. Setelah selesai aku benerin, motor pun melaju lagi, ditengah hujan yang rintik2. Dari sini masih belum muncul firasat buruk, ataupun yang jelek2….

Nah, firasat jelek mulai muncul waktu aku uda nyampe di jalan Gresik menjelang masuk daerah Perak. Waktu itu, rantai motorku los lagi, dan mogoknya di tengah jalan. Bener2 bikin ill fill deh…. Dan aku kepaksa benerin tuh rantai lagi, di tengah turunnya hujan. Bener2 romantis deh suasana malam itu, hanya ada aku dan motorku yang sedang mogok itu…hadeeeeh….eh tapi kayake ndak juga ding, soale ada juga sopir bis kota di belakangku, yang dari tadi bunyiin klakson, waktu tiba2 motorku mogok di tengah jalan tadi.

Perasaanku saat itu pun berkecamuk dengan hebatnya…..ttsssaaahh…..Aku mulai mikir, kayake nih motor los lagi nih. Setelah aku benerin…ternyata perasaanku bener dan tajem…tuh motor kembali mogok di sekitar jalan Polrestabes Surabaya. Kepaksa deh tanganku belepotan lagi, ama kotoran yang ada di rantai. Kalian tau??? Hal ini bener2 mengganggu kelembutan kulit tanganku. Dan kulitku pun berubah jadi item…(halah emang dari sononya uda item kok).

Aku harus benerin tuh rantai lagi, dan walaupun uda bisa jalan lagi, ternyata tuh motor mogok lagi di sekitar Tugu Pahlawan. Hadeeehh….bener2 deh…rasane aku uda pengen nyerah, soale uda lemes banget. Tapi rupanya masih ada semangat di dalam dadaku ini yang begitu menggelora, layaknya seorang pemuda yang akan melamar seorang gadis….bbbeeeuuhhh….

Dengan semangat 45 aku benerin lagi tuh rantai. Dan akhirnya bisa jalan juga. Alhamdulillah…eh tapi sekitar jalan 30 meter, tuh rantai uda los lagi. Uda deh, akhirnya aku nyerah juga….hadeeehh….#gak konsisten.

Aku pun kepaksa nuntun tuh sepeda motor. Tapi waktu itu, aku bener ndak bisa bayangin, gimana rasanya jalan kaki dari Gemblongan ampe Wonokromo, dengan menenteng sepeda motor di tengah hujan yang rintik2. Wahhhh….bisa2 remek deh gan punggungku. Buat beli nasi goreng yang jaraknya sekitar 25 meter dari rumah aja males banget, apalagi jalan kaki dari Gemblongan ampe Wonokromo. Kayake tuh momen bener2 bakalan jadi momen yang pantas dikenang oleh anak cucuku, bahkan bangsa ini, karena itu adalah sebuah peristiwa heroik, dan sangat langkah. Bahkan, perjalanan biksu thong buat nyari kitab suci aja bisa kalah, ama kisahku itu gan…#lebay tingkat dewa.

Waktu nuntun sepeda itu, mungkin cuma satu doaku, moga aja segera ketemu ama tukang becak, ato angguna. Dan Alhamdulillah, baru berjalan sekitar 100 meter, aku uda ketemu tukang becak. Kayake tuh tukang becak lagi ngorok didalam becak, soale becaknya ketutup plastik, supaya ndak kena hujan. Aku pun langsung nyamperin tuh tukang becak.

“Cak, bisa minta tolong?”

“Apa mas?”

“Bisa ngangkut nih motor?”

“Sampai mana mas?”

“Sampai Wonokromo cak. Bisa?”

“Sama sampeyan ta?”

“Ya iyalah, masak sama presiden SBY?”

“Wah, tolong mas. Saya ini orang susah, kaum miskin kota, proletar, dan marginal, jangan tambah lagi penderitaan saya dengan harus mengangkut sampeyan dan motor sampeyan itu. Apalagi sampai Wonokromo”

Glek!!!! Gila nih orang, tukang becak ato aktivis??? Kok omongannya kayak aktivis aja, pake bahasa langit. Ato bisa aja dia emang ketua dari JANCOK??? Jaringan Angkutan Becak Kota Kita #Akronim yang sangat memaksakan kehendak.

Ah, tapi whatever lah, gugur satu tumbuh seribu. Gak masalah kalo tuh tukang becak jual mahal. Aku jalan lagi, nuntun tuh sepeda motor. Aku yakin, siapa aja pasti bakalan terharu liat adegan kayak gitu. Hujan turun gemericik membasahi bumi. Langitpun meneteskan air matanya, ketika melihat seorang pemuda tampan harus mengalami ujian yang sebegitu beratnya saat itu.

Nah, setelah jalan sekitar 500 meter, di tengah nafasku yang ngos-ngosan, di perempatan Tunjungan yang legendaris itu. Rupanya nasib baik masih berpihak kepadaku. Aku kembali dipertemukan dengan seorang becak lainnya. Layaknya, seorang pria yang uda lama gak ketemu gadis pujaannya, aku langsung aja nyamperin tuh tukang becak. Cuma satu juga doaku waktu itu. “Moga aja tuh tukang becak berbaik hati”. Amin

“Cak, lagi nganggur ya?”

“Ya iyalah, masak lagi ikutan demo nolak SK Bupati di Bima, ato ikutan demo Buruh di jalan tol di Bekasi?”

Aku heran, kayake tukang becak jaman sekarang kok makin pinter2 aja. Omongan mereka kayak aktivis aja gan :D

“Bisa ngangkut nih motor ndak cak sampai Wonokromo?” tanyaku

“Sama sampeyan?”

Aku pun yang tidak ingin terjatuh pada lubang yang sama, karena takut dianggap “menyiksa” para kaum miskin kota, seperti tukang becak ini. Aku pun menjawab lain..

“Ndak kok, nanti saya naek becak temen sampeyan itu yang ada disana,”

“oke deal mas”

Lha…makin gaul aja omongan nih orang.

Setelah melakukan negosiasi yang cukup alot soal penentuan harga. Bahkan, melebihi perundingan perjanjian kerjasama latihan militer, dan ekstradisi buronan korupsi, akhirnya dua orang tukang becak itu sepakat dengan harga yang aku tawarkan itu.

Yak…mereka sepakat dengan harga 25 ribu per becaknya, untuk nyampe ke Wonokromo. Ha ha ha, bener2 ndak rugi deh…

Akhirnya penderitaanku pun berakhir, setelah menempuh perjalanan panjang. Aku ndak bisa bayangin, gmn nasibku kalo ndak ada dua orang tukang becak yang baik hati itu. Ternyata, kadang kita emang butuh bantuan dari orang2 kecil gan. Gak bakalan mungkin juga, aku minta bantuan orang2 yang naik sedan yang melintas di jalan Tunjungan itu. Jangankan mau, buat berhenti aja mereka bakalan ndak mau. Allah bener2 Maha Adil dalam membuat keseimbangan dunia. Orang2 yang uda kaya sering banget lupa ama orang2 kecil. Coba aja mereka inget misal, kalo mereka mati, pasti yang gali kubur juga orang miskin. Apa mau orang kaya jadi penggali kubur??? Pasti gak bakalan mau gan.

Okay, back to the track. Motorku pun akhirnya diangkut ama mereka berdua ke salah satu becak. Aku pun juga ikut bantuin gan. Tapi sebelum ngebantuin mereka, aku minta sesuatu mereka. Aku minta mereka supaya nahan posenya ngangkatin tuh motor ke becak, barang cuma sekitar 5 detik aja, buat aku ambil fotonya, untuk kenang2an. He h he he #kejam

Ini fotonya gan, kalo ndak percaya….(gak bantuin, malah motret...#kejam)

Masih ada lagi gan…(masih nyempetin motret juga)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger