Pages

Jumat, 30 Desember 2011

Pantai Delegan, Alternatif Wisata Keluarga Di Gresik; Murah Meriah Masih Alami Belum Banyak Tersentuh Tangan Manusia

Musim liburan panjang, sepertinya benar-benar dimanfaatkan sebagian masyarakat kita untuk sedikit bersantai sejenak melepaskan diri dari kepenatan aktivitas sehari-hari. Dan pantai Delegan menjadi alternatif wisata keluarga yang murah meriah.

ADA beragam cara yang mereka lakukan untuk melepas berbagai kepenatan tersebut. Mulai dari sekedar berkumpul dengan keluarga di rumah, istirahat seharian di rumah, jalan-jalan bersama seluruh anggota keluarga atau rekreasi. Namun, seolah sudah menjadi tradisi dari masyarakat kita, mereka lebih suka mengisiliburan panjang dengan mengunjungi tempat-tempat wisata keluarga.

Salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi masyarakat Gresik pada liburan adalah pantai Delegan yang ada di desa Delegan, Kecamatan Panceng Gresik. Pantai pasir putih ini banyak dikunjungi para wisatawan sejak diperkenalkan kepada publik pada tahun 2000 lalu.

Melihat potensi menunjukkan tren positif tersebut, pengelola pantai Delegan juga tidak tinggal diam. Mereka sibuk mempercantik pantai, supaya wisatawan semakin tertarik berkunjung. Sejak 2 tahun terakhir ini semakin banyak saja aneka permainan, stan kuliner yang bisa dinikmati.

Tentu saja hal itu mampu semakin mendongkrak jumlah pengunjung pantai. Dan saat liburan sekolah seperti Sabtu dan Minggu, pengunjungnya bisa mencapai 3.000 orang. Kepala Desa Dalegan Muzarodin mengakui, pihaknya baru melakukan pembenahan terkait pantai Dalegan sejak tahun 2008. Setelah dilakukan pembenahan, terjadi peningkatan pemasukan pada desa. “Pada 2008 setor ke kas desa sebesar Rp 600 juta, tahun 2009 setor Rp 700 juta, tahun 2010 setor ke desa Rp 800 juta,” urainya. Dikatakan, sejak hari ini ada pemkenaikan tiket masuk dari
sebelumnya Rp 4.000 menjadi Rp 5.000. Selama liburan ini diperkirakan pantai dikunjungi sekitar 3.000 pengunjung.





Muzarodin berharap, pada puncak perayaan tahun baru nantinya jumlah pengunjung bisa lebih tinggi lagi. “Kalau puncak tahun baru yang lalu bisa mencapai 15.000 pengunjung,”
katanya.

Pantai pasir putih yang pasirnya sangat lembut sepanjang 500 meter di bibir pantai ini, lanjutnya sangat disukai kalangan wisatawan pantai. Hal ini disebabkan karena lokasinya masih alami, dan belum banyak mengalami sentuhan tangan manusia.

Selain itu, bagi para wisatawan yang tidak memiliki kantong tebal, pantai Delegan bisa menjadi salah alternatif. Sebab, hanya dengan uang sebesar Rp 5.000 saja, mereka sudah bisa menikmati keindahan pantai yang terletak di utara kabupaten Gresik itu. Tarif itu tentu saja jauh lebih murah jika dibandingkan dengan tarif masuk Wisata Bahari Lamongan (WBL), yang bisa mencapai Rp 65.000.

Pada saat liburan panjang, seperti Sabtu (31/12) kemarin saja, tempat wisata pantai Panceng terlihat sangat ramai dibanjiri pengunjung. Tempat parkir yang disediakan pihak desa, pada sekitar jam 10.00 hingga jam 14.00 tampak tidak mampu menampung jumlah
kendaraan roda empat atau lebih. Sebab, beberapa bis juga tampak ikut parkir di lahan parkir itu. Malahan lebih dari separo adalah kendaraan dari luar kota.

Banyak pengunjung yang mengaku senang dan puas setelah berwisata di tempat itu, pada akhir pekan lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger