Pages

Senin, 01 Agustus 2011

Belajar Merubah Bangsa Dari Pembeli Komik Bekas

Sore itu rumahku kedatangan tamu seorang laki-laki yang naek motor, ama jaket yang uda lusuh. Laki-laki itu kayake usianya diatasku sedikit. Dan aku juga ndak ngerasa kenal ama orang itu. Ternyata tuh tamu nyari adikku, katanya sih mau beli komik. Gila, usia uda mateng gitu, masih aja beli komik. Apa ndak salah nih??

Beberapa hari lalu adikku emang pasang iklan di tokobagus.com buat ngejualin komik-komik bekasnya. Aku sih pernah ngomong ke dia, kalo tuh komik gak bakalan ada yang beli, soale komiknya jelek-jelek banget, mayoritas didominasi ama serial cantik. Hadeeehhhh….bener-bener ngebosenin banget deh tuh komiknya dia.

Bay de wei, kalo kita bicara orang yang beli komik, mungkin dalam otak kita langsung bakalan muncul kalo tuh orang sifatnya kayak anak kecil, sukanya bacaan yang ringan-ringan aja, ndak terlalu suka baca buku berat, ato yang lainnya.

Tapi kayake tuh orang beli komik dari adikku bukan buat dia baca sendiri, soale waktu itu dia belinya banyak banget, lebih dari 60 komik. Aku ndak bisa bayangin kalo tuh komik dia baca sendiri, butuh waktu berapa lama? Lagian dia kan cowok, masak mau beli komik serial cantik sebanyak itu? Bisa-bisa statusnya sebagai lelaki ikut dipertanyakan.

Nah waktu aku tanya kenapa doi beli komik sebanyak itu, dia jawab kayak gini, ”mau bikin perpustakaan di kampung saya mas, di daerah Ujung Pangkah Gresik. Ya supaya bisa ningkatin minat baca anak-anak kecil di kampung saya mas.”

“Perpustakaan dari yayasan ato dari kelurahan mas?” aku tanya lagi.

“Bukan mas, saya ama istri saya sendiri yang buat mas. Khan istri saya juga ngasih les anak-anak kecil disana, jadinya ya selain mereka bisa belajar di rumah saya, juga supaya makin seneng baca aja mas”, jawabnya dengan wajah sumringah.

“What the heck????!!” Jawabku pelan aja, takut kedengaran orangnya. Seharuse sih aku jawabnya “Subhanallah”, bukan kata-kata “what the heck” tadi.

Aku bener-bener ndak nyangka, bela-belain jauh-jauh dari Ujung Pangkah, yang merupakan perbatasan Gresik ama Lamongan, naek motor ke Surabaya, terus beli komik, ternyata mau bikin perpustakaan buat ningkatin minat baca anak-anak kecil di desanya sana. Uda gitu, dia beli tuh komik pake kocek sendiri lagi.

Gila nih orang!!! Bener-bener manteb usahanya buat berkontribusi di masyarakatnya sana. Bener-bener konkret usahanya buat ngebikin cerdas masyarakat yang ada di kampungnya sana. Dia ndak perlu pake banyak wacana, atopun gembar-gembor di media massa tentang apa yang dia lakukan. Dia mulai dari hal-hal yang paling kecil, walaupun menurut aku sih itu bukan hal yang kecil, malahan apa yang dia kerjain itu aku anggep sesuatu yang besar banget. Minjemin buku ke anak-anak kecil, yang menurut aku riskan banget resikonya, mulai rusak, ampe bukunya hilang. Kita aja, waktu buku kita dipinjam ama temen kita, pesen kita ke temen kita tuh banyak banget kayak orang yang besok mau meninggal. Mulai dari tolong dirawat bukunya, jangan kelipet, jangan kena air, jangan dipake tidur, ampe jangan dirombengin tuh buku, semuanya kita bilang ke temen kita yang mau pinjem.

Tuh orang juga berbuat sesuatu mulai dari yang dia mampu. Dia rela ngerogoh koceknya sendiri, tanpa minta bantuan sana-sini, buat ngediriin perpustakaan di kampungnya.

Nah sekarang kayake kita mesti sering-sering tanya ke diri kita masing-masing nih. Apa nih yang sudah kita lakuin buat bikin perubahan bagi bangsa ini? Kita yang ngakunya anak muda sebagai agen perubahan buat bangsa ini, tapi belum ngelakuin apa-apa. Kalo katanya Soekarno, doi cukup minta 10 orang pemuda aja buat nguasain dunia. Tapi kenyataannya, ampe sekarang bangsa ini masih aja belum bisa nguasain dunia. Padahal negara ini punya berapa juta pemuda gan?

Mungkin kita ndak perlu bicara terlalu tinggi soal ngerubah bangsa ini, tapi kita mulai aja dari masyarakat yang ada di sekitar kita gan. Kalo katanya Aa Gym, semua bisa kita mulai dari hal yang paling kecil, dari diri sendiri, dan harus dimulai sekarang juga. Tapi satu lagi yang penting buat ngelengkapin kalimatnya Aa Gym tadi, semua harus dilakuin dengan penuh totalitas, gak bisa setengah-setengah gan, coz kalo cuma setengah-setengah ya hasilnya juga gak bakalan bisa optimal.

Selamat berkarya untuk masyarakat dan bangsa kalian.

6 komentar:

  1. tema serius dengan penyampaian yang cukup serius.

    BalasHapus
  2. Masak cara penyanpaiannya juga serius? Padahal sudah saya buat sesantai mungkin, he he he

    BalasHapus
  3. dibandingkan yang lain2, ini lebih serius. makanya saya bilang "cukup".

    BalasHapus
  4. he he he, thnks komennya. Dinantikan juga tulisan dari sampeyan mbak

    BalasHapus
  5. aktual, itu komentar saya yang pertama.
    Memang saat ini adek2 kita sangat perlu disediakan media untuk mulai menumbuhkan minat baca. Biar nanti jadi anak bangsa yang cerdas, ndak plin-plan, patuh pada hukum, punya kepribadian yang bagus. Walaupun awalnya belajar dari komik.

    salam

    BalasHapus
  6. @Mas Tora Bastem: makasih komennya mas. Iya mas sepakat banget, minimal kita melakukan apa yang bisa kita lakukan saja dulu. Intinya masyarakat kita menunggu aksi konkret kita, walaupun kecil bagi kita, tapi mungkin besar bagi mereka. Salam kenal dari saya :D

    BalasHapus

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger