Pages

Kamis, 11 Agustus 2011

Ketika "Debt Collector" Jadi Surveyor....

Waktu dihubungi buat jadi surveyor, sebenere uda kebayang di kepalaku kalo jadi surveyor itu bakalan sulit banget. Makanya, waktu ngerjain skripsi dulu, responden ku cuma satu aja, dan Alhamdulillah dengan satu responden itu aku bisa lulus. Bener-bener prestasi yang membanggakan, karena kayake gak bakalan ada mahasiswa di Unair yang bisa nyaingi prestasiku ini, lulus skripsi hanya dengan 1 responden saja, he he he.

Oke kembali ke topik setelah sedikit menyombongkan diri :D. Tapi karena kondisi keuangan yang bener-bener lagi parah, utang sana-sini kayak kagak ada habisnya, akhirnya aku ambil aja deh tuh proyek, lumayan lah.

Aku dideadline buat ngumpulin 20 responden dalam jangka waktu 10 hari. Aku mikir, kayake enteng nih, 20 responden dalam waktu 10 hari. “Aku Pasti Bisa”, teriakku dalem ati, niruin gaya di pelatihan-pelatihan motivasi yang ngabisin banyak duit. Oya, di pelatihan-pelatihan motivasi yang mahal itu, selain bisa bikin optimis kalian, juga sering bikin pesertanya jadi nangis. Aku gak ngerti juga nangisnya kenapa, apa karena emang motivatornya hebat banget ato karena pesertanya pada nangis lantaran pada mikir, kenapa pelatihan kayak gitu aja kok bayarnya mahal banget? He he he

Oke balik lagi deh ke topik. Sorry bro sering ngelantur nih ceritanya.

Waktu survey aku banyak nemuin perkampungan yang padet banget. Kayake di sana masih banyak banget masyarakat ada di kelas menengah ke bawah. Sebenere aku sih ndak kaget ama masalah ini. Soale di sekitar rumahku juga masih banyak masyarakat yang hidupnya pas-pasan.

Tapi kita gak bakalan bahas itu bro. Kita kagak bakalan bahas apa yang jadi penyebab pemerintah gagal buat nyejahterain rakyatnya. Dan kayake bener banget apa yang aku bayangin dulu gimana sulitnya jadi surveyor. Salah satu hal yang paling inget waktu aku jadi surveyor itu aku sering banget dikira orang mirip debt collector.

Setidake di tiga lokasi, orang sering ngira aku debt collector. Mereka kayake ketakutan banget waktu aku datang ke rumah mereka. Mereka sering banget tanya kayak gini “Mas, mau ambil sepeda motor ta?” ato kayak gini “Mas, dari dealer ta?”. Bussyeeeetttt dahhh, aku dikira debt collector dari dealer sepeda motor. Emange wajahku mirip debt collector? Aku juga bingung dari sisi mana mereka menganggap aku punya kesamaan dengan debt collector? Dari tampang juga jelas lebih cakep aku daripada debt collector (tsssaaaahhhhh…..). Bener-bener gak abis pikir aku, kenapa wajahku kok disamain ama debt collector. Bener-bener turun deh pasaran ku.

Tapi aku sih mahami banget kecurigaan mereka. Dalam pikiran calon surveyorku itu, pasti ada sebuah tekanan psikologis yang sangat berat (tssaaahhhh….sok ilmiah banget omongannya), sebab tuh responden mungkin uda banyak banget utangnya yang doi ambil dari dealer. Jadi aku maklum banget kalo doi curiga ama tiap orang yang pake nametag, ato yang pakaiannya rapi, sekaligus nanyain alamat mereka. Pasti deh, langsung nyangka kalo orang itu debt collector dari dealer.

Selain dikira mirip debt collector, aku juga pernah apes banget waktu jadi surveyor dulu. Waktu itu, alamat surveyor yang aku cari bener-bener sulit banget, sering banget keluar masuk gang. Nah pas, alamatnnya uda ketemu, aku seneng banget, seolah-olah perjuangan keluar masuk kampung itu ada hasilnya. Semangatku yang waktu itu uda mulai kendor, kayake bangkit lagi nih.

Langsung aja aku tanya ama orang yang lagi ada di rumah itu. “Permisi, bu Ratna nya ada?” (Survey yang aku lakuin ini jenisnya survey yang uda ditentuin respondennya, aku lupa apa nama jenis penelitian kayak gini. Uda deh, dari pada ribet-ribet mending cari aja di bukunya Burhan Bungin)

Wah, saya mohon maaf banget mas, Bu Ratna nya (anggep aja namanya bu Ratna, soale aku agak lupa, siapa namanya :D) 40 hari nya meninggal.”

What the heck?!!!” , aku ngomong agak pelan, soale takut kedengeran orangnya. Tapi aku langsung terusin ama ucapan lazimnya seorang Muslim kalo ada saudaranya yang meninggal “Innalillahi wa innalillahi roji’un”

Aku bener-bener lemes waktu denger jawaban tuh orang. Semangatku balik turun lagi. Seolah-olah perjuanganku buat nyari alamat tuh orang ndak ada hasilnya.

Tapi satu hal, yang bikin aku bisa nikmatin, terus ambil hikmahnya waktu jadi surveyor itu aku jadi bisa lebih banyak bersyukur. Sebab, aku bisa liat banyak orang yang hidupnya jauh lebih susah daripada aku, walaupun kadang ukuran yang aku pake buat nentuin susah senengnya hidup seseorang masih sempit banget, cuma dari sektor materi aja. Dan satu lagi yang bisa aku ambil hikmahnya, ternyata gak selamanya berpakaian rapi itu selalu dianggap baik ama orang, karena bisa aja kalian dianggap debt collector, ato yang lebih parah dianggap kayak koruptor, he he he.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger