Pages

Selasa, 17 Mei 2011

Siapa Yang Mau Menikah Sama Kamu Nak?



Di pagi yang cukup sejuk itu, sekitar pukul 10.30, (busyeeettttt, jam 10.30 masih pagi, terus siangnya jam berapa?) aku maen ke rumah temenku yang ada di dekat bunderan Waru. Aku emang sengaja dateng kerumahnya karena emang diundang ama dia.

Aku uda lama gak ketemu dia, soale dia uda jadi perwira angkatan darat dan ditempatkan di Merauke sekitar 2 tahun yang lalu. Dia juga temen SMA ku. Seperti biasanya, kalo aku maen ke rumahnya, mesti bakalan ada banyak hal yang bisa diceritakan, baik dia ato aku mesti bakalan cerita aktivitas masing-masing. Mulai aktivitas dia latihan di camp, atopun aktivitasku di kampus selama ini, cerita-cerita SMA dulu, bahkan membicarakan rencana masa depan, salah satunya masalah nikah.

Khusus bab nikah, kayake ini adalah tema yang cukup menarik buat jadi bahan pembicaraan bagi mereka yang uda masuk rating 17+ atau dewasa (sengaja dibuat kayak gini, biar mereka yang usianya masih belum usia 17 tahun ke atas, ndak baca tulisan ini, atopun kalo uda terlanjur baca, ya resiko ditanggung penumpang kalo dia terpengaruh tulisan ini, he he he).

Waktu itu dia nanya ke aku, “kapan nikah?” . Aku pikir nih anak uda gak waras. Lha kerjaan aja baru dapet, itu aja ngatur perekonomian masih kembang kempis, kok malah uda ditanya masalah nikah. Buat beli pulsa aja masih sering ngutang ama adek angkatan, supaya biar bisa lebih lama nyicilnya(ketahuan deh…). Ya aku jawab aja,”wah kayake ndak dalam waktu deket ini, masih takut dan belum berani (ini termasuk kategori sirik gak ya?soale takut kan hanya kepada Allah, he he he)”.

Terus dia pun cerita tentang seorang yang pengen nikah, tapi dilarang ama keluarganya, lantaran keluarganya gak yakin kalo dia mampu ngasih makan dirinya ama istrinya. Katanya sih ceritanya ini buat ngasih motivasi ke aku, supaya aku berani nikah (waktu sih aku cuma mikir kayak gini, nih anak songong amat, dia sendiri aja belum nikah, lha kok malah mau ngasih motivasi aku, padahal secara kesiapan dia jauh lebih siap dari aku).

Karena aku juga lupa-lupa inget ama tuh cerita, jadi aku kasih tau garis besarnya aja, lagian kalo full version ya maleslah aku nulisnya, jadi aku kasih versi “trailer” aja ya, soale kalian kan juga pada ndak bayar buat baca cerita ini, he he he he peace men!!!. “

Ceritanya gini, “Waktu itu ada cowok yang anggep aja masih kuliah di semester 6, tapi uda ngebet banget pengen nikah, terus tuh cowok akhirnya ngungkapin isi hatinya itu ke ortunya. Tapi ternyata ortunya malah gak setuju ama rencana tuh cowok, ortunya malah bilang kalo bisa dia nyelesaiin kuliahnya dulu aja, setelah itu baru boleh ngadep ortunya lagi buat mbahas masalah nikah. Dengan hati sedikit kecewa, layaknya caleg yang kalah dalam pemilu (jauh banget ngebandinginnya…), doi pun akhirnya bertekad buat nyelesaiin kuliahnya dulu, setelah itu baru menikah.

Setahun kemudian, setelah tuh cowok lulus kuliah, akhirnya dia ngomong lagi ke ortunya kalo dia mau nagih janji ortunya buat ngijinin dia supaya boleh nikah. Tapi ortunya justru bilang, “kamu mau kasih makan apa anak istrimu nanti kalo sudah nikah?”. Dengan hati kecewa sekali lagi, akhirnya dia pun mengurungkan kembali niatnya untuk nikah, en bertekad buat cari kerja.

Beberapa bulan, dia akhirnya uda dapet kerjaan, dengan seketika itu juga dia berani ngomong ke ortunya buat dapet ijin nikah. Tapi seperti jawaban-jawaban sebelumnya, dia masih belum diijinin nikah. Tapi dengan sedikit cara yang lebih halus, bapaknya ngomong kayak gini,”oke, kamu emang uda dapet kerjaan, tapi kamu apa-apa juga masih pinjam ama bapak dan ibu. Motor aja, kamu ndak bisa beli. Kamu kumpulin duit dulu buat beli mobil, setelah itu kamu datang lagi ke bapak dan ibu buat mbahas nikah.

Kekecewaan kembali menggelayuti kalbu tuh cowok (cieeeehhhh…). Oya, mendingan kita sebut aja tuh cowok pake nama Bryan. Kenapa ndak dari tadi aja, kita panggil dia Bryan, soale capek banget ngetik kata “tuh cowok”, kepanjangan men. Oya, kembali ke cerita, akhirnya Bryan pun akhirnya membuktikan kepada ortunya kalo dia juga bisa beli mobil yang paling mahal sekalipun, meskipun memakan waktu yang cukup lama. Setelah punya mobil baru, dengan gayanya yang mantab, Bryan pun ngadep ke ortunya, buat nagih janji ortunya. Tapi sepertinya kekecewaan harus diterima kembali ama Bryan. Bapaknya bilang kayak gini,”kamu emang uda punya mobil bagus, bapak aja masih ndak punya mobil kayak gitu, beliin donk. (ehh sory…sory dialog yang terakhir ini seharuse ndak aku ketik). Tapi apa kamu mau anak istrimu tidur di mobil? Kamu mesti beli rumah dulu, buat anak istrimu nanti.

Sekali lagi, Bryan nuruti apa yang jadi pesen bapaknya itu (aku aja ampe bingung, yang mau nikah itu bapaknya ato bryan? Cerewet amat tuh orang). Setelah berusaha keras dalam beberapa waktu, akhirnya Bryan pun dapat mewujudkan apa yang ingin diraihnya dalam waktu dekat itu, yaitu memiliki sebuah rumah, kali ini dia ngedapetin tuh rumah yang dia beli hasil dari hadiah dia ikutan acara Big Brother di salah satu TV Swasta (bo’ong banget!!!). Langsung aja Bryan ngadep ortunya dan dia bilang kalo dia uda punya rumah mewah. Berbeda dengan jawaban bapaknya yang dulu-dulu, kali ini bapaknya dengan agak bijak bilang kayak gini,”Kamu sekarang memang sudah punya penghasilan, mobil, dan rumah. Tapi yang sampai saat ini masih bapak bingungkan nak apa masih ada yang mau sama kamu? Siapa yang mau menikah sama kamu nak? kan umurmu sudah 55 tahun.” (Glodhaakkkk!!!!!!! Ternyata…segitu fatalnya akibatnya)

Setelah dengerin tuh cerita, aku sih cuma bisa ngomong dalam ati aja, “ah mana ada ortu kayak gitu? Tuh orang tua bikin peraturan ekstrim banget man!!!. Tapi, itu kayake kesimpulan yang gak penting. Intinya sih kita gak perlu takut ama apa yang uda kita anggep baik, salah satunya nikah. Jangan nunda-nunda buat ngelakuin apa yang uda kalian anggep sebagai kebaikan. Niatin aja semua untuk ibadah. Kalo semua niatannya buat ibadah, pasti ada jalan dari Allah men, gak perlu takut masalah rejeki ato yang lainnya. Kalo, gak gitu, uda keburu tua kayak Bryan tadi ato uda gak ada kesempatan lagi untuk ngelakuin itu. Bener gak? (sok tua.com)

9 komentar:

  1. behh.. awal2 e kok mirip karo kisahku..

    tp untung ae duduk aq... hahaha

    BalasHapus
  2. kan aku juga terinspirasi dari kamu bro, he he he

    BalasHapus
  3. walah... guyonan itu kan udah lama juga....

    BalasHapus
  4. iya itu kayake guyonan lama, tapi sifate kontemporer, he he he

    BalasHapus
  5. menikah itu membuka pintu rejeki kn..kdg ada org yg pengen nikah tp blom nikah2 jg..ada jg yg dah puny ksempatan tp tkut mengambilny..
    hmmMMmmm..btw2, kasian "bryan" tuh d jadikn perumpamaan..haghag..

    BalasHapus
  6. @mbak herlina: siiippp sepakat. Lho kan yang namanya Bryan di dunia ini ada banyak, he he he. Tidak mengarah pada satu orang kok ^_^

    BalasHapus
  7. lha..tp bryan yg saya knal tu yg dr Fisip..yg comment di FB ttg blok ini.. =p

    BalasHapus
  8. wah,mungkin kayak di sinetron2 fiksi, semua yang tercantum disini adalah kebetulan belaka, he he he

    BalasHapus

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger