Pages

Selasa, 31 Mei 2011

Pemilu Harus Pake Sistem Degradasi

Aku sebenere males juga nulis masalah ini. Soale ide ini juga kayake ndak masuk akal banget. Terus uda banyak juga orang yang ngomong masalah politik di negara ini. Jadi ya uda, bosen en males banget.

Oke deh, karena banyak juga yang ngomongin masalah politik, tapi rata-rata pada ndak bener (kalo bener, so pasti negara ini bakalan bener juga), jadi aku ikut aja deh ngomong ndak bener disini.

Sebenere aku dapet inspirasi ide ini waktu aku nonton liga Itali (cara dapet idenya meragukan ya?). Nah, tau kan kalo di tiap liga di negara manapun pasti bakalan ada sistem degradasi. Bagi yang gak tau apa itu degradasi, tanya dulu aja ke “Mbah Google”. Bagi yang males tanya ke Mbah Google, lantaran gak ada modem ato wifii gratis, oke deh aku kasih tau. Degradasi dalam sepak bola itu ya kayak apa ya? Ehhhhmmmm….ehhhhmmm….apa ya? wes ya pokoknya degradasi deh (ketahuan kalo gak ngerti juga), intinya tim sepakbola yang ada di urutan 3-4 (tiap negara beda-beda nerapinnya) ke bawah itu harus turun ke kasta liga yang ada dibawahnya lagi. Misal kita ambil contoh aja AC Milan. Yak, misal AC Milan saat ini maen di Serie A Liga Itali, nah karena tuh tim maennya jelek banget, pemainnya pada gak bisa maen, strikernya pada mandul, bek nya mudah banget ditembus ama lawan, terus kipernya matanya rabun, jadi gampang banget gawangnya kebobolan, akhirnya Milan kalah terus, en ada di posisi paling bawah (kayake dendam banget ama Milan?) Terus hal itu akhirnya memaksa Milan turun ke Serie B Liga Itali (moga aja jadi kenyataan he he he he).

Nah uda jelas kan kayak apa itu degradasi? Kalo masih belum jelas, berarti ada yang harus dipertanyakan ama tingkat kecerdasan kalian. Ampun dehhh, aku juga bingung gimana cara neranginnya???

Oke, balik lagi ke topik. Baru-baru ini di gedung dewan yang ada di Senayan sana, anggota dewan pada ngeributin masalah aturan yang bakalan dipake di pemilu nanti pake sistem apa. Mereka bingung mau nggunain sistem pemilu yang kayak gmn. So, aku sumbangin aja ide ku ini, kali-kali aja ada anggota dewan yang baca blog ini, gara-gara takut dianggap gaptek lantaran kasus lupa alamat email kemaren, akhirnya unjuk kebolehan buka internet di depan wartawan, terus gak sengaja nyasar deh di blog ku ini he he he (mengharap.com).

Lanjut gan!!! Jadi aku pengennya tuh sistem pemilu di negara ini juga diterapin kayak sistem di liga-liga itu, ada sistem degradasinya. Partai yang tanding di pemilu gak usah banyak-banyak deh sob, cukup sepuluh aja, tapi seleksinya ketat banget. Pokoknya partai yang bisa nunjukkin jumlah pendukungnya ada di urutan sepuluh besar (bisa dengan nunjukkin KTP pendukungnya ato yang lainnya), tuh parpol boleh ikutan pemilu.

Terus kalo uda ikutan pemilu, 3 parpol yang ada di urutan paling bawah jumlah suaranya harus siap-siap kena degradasi, en gak boleh ikutan di pemilu mendatang. Jadi dia kalo mau ikut lagi, ya harus bikin partai baru lagi, ato fusi dengan partai yang lolos.

Tapi gak adil kan kalo cuman ada punishment doank? Oke deh kita kasih reward. Rewardnya itu, buat parpol yang ada diurutan no.1 ato yang jadi juaranya, dia berhak ngedapetin jatah kursi Presiden, en jatah menteri sebanyak 30 persen. Nah untuk parpol runner up, dia dapet jatah wapresnya, ama jatah menteri 20 persen sob! Untuk urutan 3,4,5 tuh parpol berhak dapet jatah menteri dengan proporsi kayak gini, nomer 3 dapet jatah 25 persen, nomer 4 jatahnya 15 persen, terus yang nomer 5 dapet jatahnya cuma 10 persen aja.

Lha terus yang urutan no 6 ama 7 gimana? Ya gak dapet apa-apa lah!!! Uda bagus tuh parpol gak didegradasi dan boleh ngikutin pemilu berikutnya tanpa harus menuhi syarat yang harus dipenuhi ama parpol yang kena degradasi.

Jadi dari situ, DPR gak perlu ngeributin lagi aturan buat ikutan pemilu. Kita gak usah lagi pusig-pusing mikir, mau pake Electoral Treshold ato Parliementary Treshold. Gak usah butekin lagi nih otak, soal kuota 2,5%, 3% ato yang 5% sekalian.

Nah gimana? Keren kan idenya? Aku yakin pasti kalian banyak yang gak setuju ama ide bodoh ini (he he he). Tapi ini negara bebas bro, semua warga negara juga bebas ngungkapin uneg-unegnya donk, yang penting bertanggung jawab. So jangan berhenti nyumbangin ide buat Indonesia. Aku yakin, ide kita berguna banget kok buat Indonesia. Sapa tau aja, mereka yang jadi pejabat ato angggota dewan, pikirannya lagi suntuk, butek, terus butuh refreshing. Jadi selama mereka ngelakuin refreshing, mending kita aja yang gantiin mereka buat mikir bangsa ini, Ok??? ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger