Pages

Minggu, 22 Mei 2011

SMA ku Kayak Barak Militer


Tuh judul tulisan kayake berlebihan banget ya? Tapi sengaja aku kasih judul yang berlebihan, biar banyak yang pengen baca, salah satu strategi pasar bro, he he he. Koran-koran kuning aja pada kasih judul sensasional biar korannya laris, padahal isinya ya gitu-gitu aja, pembunuhan, perampokan, pencurian, en segudang berita kriminal yang lain.

Ini cerita waktu jaman SMA dulu. Waktu aku masih muda, keren, cool, pinter, alim, pokoke banyak banget deh yang ngidolain aku (bo’ong banget). SMA ku emang terkenal SMA yang paling gila kalo bikin peraturan buat murid-muridnya. Jadi ya ndak usah kaget kalo misale dalam satu kelas ada anak yang ndak naik kelas, soale itu uda biasa. Bahkan kayake kepala sekolah ku terkesan bangga banget kalo ada muridnya yang ndak naek kelas. Dia selalu aja bilang kayak gini kalo ada anak yang ndak naek kelas,”Anak-anak ku sekalian, janganlah kalian menganggap tidak naik kelas itu sebagai sebuah kegagalan, tapi anggaplah itu sebagai kesuksesan yang tertunda”. Tapi kayake kata-kata indah itu ndak ngefek banget buat mereka yang uda terlanjur ndak naek kelas. Bayangin aja, di saat temen-temen sekelasnya uda pada naek kelas, dia malah masih harus ngendog di kelas yang sama setahun lagi. Dan ini yang paling parah, dia mesti make badge kelas yang sama selama setahun lagi, jadi minimal dia pake badge yang sama selama dua tahun. Padahal secara tampang dia uda gak pantes lagi make badge itu, uda tuir men!!! Aku yakin, motivator sekelas Mario Teguh aja pasti bakalan kesulitan buat bangkitin motivasi anak macam gitu.

Terus peraturan yang paling aku inget dari sekolahku itu jam sekolahnya. Bussyyyyyeeettt…..jam sekolah di SMA dulu itu lama dan panjang banget. Masuk mulai jam 7 pagi, en pulangnya jam 5 sore, apalagi waktu kelas 3, pulangnya jam setengah enam sore. Dan ternyata waktu aku kelas 2, penderitaan ini masih harus ditambah satu lagi di saat ada pelajaran olah raga. Yak, setiap ada pelajaran olah raga, kelasku dapet jatah di jam pertama, jadi masuknya harus pagi banget. Bayangin aja, bukan jam 6 pagi apalagi jam 7 pagi masuknya, tapi jam 5 pagi. Gila!!!!!Ini mau sekolah apa mau jualan tahu di pasar Wonokromo? Jadi ya abis shalat subuh, aku langsung aja mandi (tapi kadang-kadang ndak mandi, yang penting rambut uda basah, uda gosok gigi, so sukses deh ilmu kamuflase ala Januar Sunan Kali Jagir xixixixi), sarapan bentar terus berangkat deh.

Olah raga emang jadi mata pelajaran hiburan buat aku ama temen-temenku, soale biasanya jam pelajaran olah raga cuma dipake sekitar setengah jam aja, sisanya buat maen futsal. Tapi kesenangan itu cuma berlangsung sesaat aja, sebab biasanya abis maen futsal, badan ya pada capek semua, uda gitu kaos pada basah gara-gara keringat plus badan bau cuka deh. Belum lagi kalo cuaca lagi panas-panasnya, otomatis, tempat duduk di bawah kipas angin gantung yang ada di kelas ku uda pasti jadi tempat duduk favorit. Jadi lengkap deh penderitaan siswa di kelas itu, uda jam pulang sekolah masih lama, uang jajan uda hampir abis pula, gara-gara buat jajan abis olah raga, badan capek, dan bau di kelas yang pengap itu. Mending gak usah ditanya deh kayak apa baunya, cuka, trasi en semua bumbu masakan kayake uda ada di dalam situ, yang dihasilkan dari senyawa campuran keringat ketiak plus kaos kaki. Dan yang paling kejem lagi kalo ada penghuni kelas itu yang dengan sadis en teganya membuang gas di dalam kelas itu. Beeeuuuuhhhh….bener-bener parah!!!!

Gara-gara jam sekolah yang lama banget itu, banyak banget murid-murid yang ngantuk saat pelajaran, apalagi kadang ada guru yang ngajarnya bener-bener ndak asyik, konvensional, ndak variatif en suka banget ngasih tugas. Bahkan ada juga guru yang dapet julukan “Batosai si Pembantai”, lantaran di pipinya ada tanda kayak bekas luka kena pedang kayak Kenshin di Samurai X, terus kerjaannya mbantai murid-muridnya, maksudinya mbantai dalam tanda kutip, sorry-sorry kata-kata mbantai nya belum aku kasih tanda kutip, jadi “mbantai”. Dia seneng banget ngasih tugas ama ngomelin muridnya. Jadi ya uda bisa dipastiin deh suasana dalam kelas itu, banyak yang ngantuk, kalopun ada yang masih bangun pasti cuma sedikit aja yang masih konsen ama tuh pelajaran. Sisanya kalo ndak baca komik, baca sms, ato yang paling parah ya pacaran, itu aja kalo ndak ketahuan, kalo kepergok ya pasti “dibantai” deh ama “Batosai si Pembantai”.

Aku pun juga pernah jadi korban dari salah satu virus itu, khusunya ngantuk. Waktu itu badanku uda capek semua, ngantuk berat, jadi jelas banget ndak fokus buat merhatiin pelajaran apalagi pelajaran kayak matematika ama fisika. Jadi daripada buang-buang tenaga buat merhatiin tuh pelajaran (Wah sesat nih, belajar kok buang-buang tenaga?he he he), mending aku tidur aja deh. Tapi, waktu aku bangun ,ternyata kelas uda pada kosong, aku bingung, aku kira jam istirahat, dan ternyata uda pada pulang semua (busyeeettt, aku tidur uda berapa lama nih?). Kayake ini hasil konspirasi antara guruku ama temen-temenku yang sengaja gak ngebanunin aku ampe kelas bubar. Untung aja waktu itu aku dibangunin temenku dari kelas laen (meski ngebanguninannya dari luar jendela kelas), andai aja aku ndak dibangunin ama temenku itu, pasti deh aku bakalan bermalam di kelas itu, soale semua kelas uda pada dikunci ama penjaga sekolah.

Selain ngilangin stress dengan cara-cara tadi saat sekolah, murid-murid di sekolahku itu sebisa mungkin bikin kelasnya jadi senyaman mungkin, senyaman yang ada di rumah mereka. Mulai ngecat kelas ama warna-warna yang cerah, ngasih taman dan kolam ikan di dalam kelas. Bahkan yang lebih hebat lagi, ada kelas yang didalamnya ada setrika, dan rak sepatu (aku gak ngerti, ini masuk dalam kategori hebat ato kelewatan parah).

Nah tau kan gimana sadisnya peraturan di sekolah itu. Bener-bener merampas kesenangan duniawi kita sebagai anak muda deh. Tapi baru-baru ini aku mendapatkan pencerahan (tsaaaaahhhh…), gimanapun juga sekolah itu dibuat kayak gitu ya untuk kebaikan muridnya juga. Gak mungkin guru-guru yang ada di SMA ku itu buat aturan kayak gitu supaya muridnya pada mati. Aku yakin mereka bukan psikopat yang pengen ngebunuh muridnya pelan-pelan, ato tipe orang yang suka ngelanggar hak asasi manusia, lantaran mngerampas sebagian waktu maen ato istirahat murid-muridnya (wuuussss segitunya). Ato tipe majikan yang suka nyiksa para TKW kita yang ada di luar negeri. Soale gak ada guru yang gak sayang ama muridnya (cieeee….so sweet banget).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger