Pages

Rabu, 18 Mei 2011

Aktivis Harus Pake Sandal



Aku pernah ngomong ke beberapa orang adik kelasku, kalau salah satu tujuanku masuk kuliah itu bukan buat ngedapetin gelar sarjana, tapi pengen ikutan demonstrasi atau jadi aktivis (wah mahal-mahal dibiayai ortu kuliah malah cuma pengen ikut demonstrasi). Jadinya aku pun ikut macem-macem ormawa, mulai yang ada di dalam kampus ampe yang di luar kampus.

Tapi ada satu hal lagi yang bikin aku bener-bener tertarik banget buat jadi aktivis, masalah penampilan. Yak, aku seneng banget liat pakaiane anak-anak yang waktu itu jadi aktivis di kampusku, khususnya di Fakultasku, FISIP. Mereka bebas aja waktu kuliah pake kaos oblong, rambut gondrong dan udel bodong (kayake yang satu ini relative deh,he he he). Terus satu lagi, wejangan tentang kehidupan keaktivisan dari salah seorang seniorku yang ampe sekarang aku pegang, seorang aktivis itu wajib pake sandal, bukan sepatu. Masih kurang jelas?oke deh, aku kasih kapital letter atau huruf besar dan tanda petik biar makin jelas, “WAJIB PAKE SANDAL, BUKAN SEPATU”. Uda jelas? Kalo masih belum jelas, kayake matamu (kasar banget ya kata-katanya?) perlu diperiksain ke dokter mata.

Aku juga gak tau apa alasan dia buat ngomong kayak gitu. Tapi waktu itu aku bener-bener terpukau dan terkagum-kagum ama omongannya, pokoknya waktu itu dia keliatan wibawa banget dihadapanku (beeeuuuuhhh….biasalah, mahasiswa baru gampang banget dikibulin ama senior). Saking kagumnya aku ama omongannya itu, aku yang di awal-awal kuliah masih pake sepatu ama kemeja, dalam sekejap aja berubah men (bukan berubah jadi Kamen Rider ato Ultramen). Aku uda mulai berani pake kaos oblong ama sandal. Aku pake sandal gunung, tapi tali bagian belakangnya aku injek, biar ndak susah-susah makenya kalo abis dari masjid atau mushola (ciiieeee….biar dekil asal tetap beriman ^_^ ). Bahkan aku juga pernah pake sandal jepit di kampus. Kalo ditanya orang, kenapa kok aku pake sandal jepit? Aku jawab aja, simbol perlawanan men, sandal jepit adalah sandalnya rakyat kecil (halah banyak alasan, padahal sebenere males pake sepatu aja….).

Akhirnya kebiasaanku ini pun kebawa ampe aku uda jadi mahasiswa tua di kampusku (gak enak banget namanya). Gara-gara itu, aku jadi gak bisa ngebedain kapan dan dimana aku mesti pake sandal, terus kapan dan dimana aku mesti pake sepatu. Bahkan waktu aku diundang ke rektorat pun aku juga masih aja make kaos oblong ama sandal jepit. Waktu ditanya ama salah seorang pejabar rektorat kenapa aku make sandal bukan pake sepatu? Aku jawab aja kayak gini, “Kan yang diundang saya pak, bukan sepatu saya”. Ini adalah jawaban pamungkasku saben aku ditanya masalah kenapa aku pake sandal. He he he he, langsung mati langkah deh orang yang tanya, skak mat bos ^_^. Bahkan, aku juga pernah masuk ke ruangannya rektor pake sandal, bener-bener mahasiswa geblek.

Tapi, sepandai-pandai bajing melompat (tapi mukaku gak kayak bajing loncat), akhirnya jatuh juga. Aku pernah dua kali diusir dari kelas gara-gara make sandal. Yang pertama, waktu kuliah, aku ketahuan dosen pake sandal, akhirnya aku diusir dari kelas. Tapi aku ndak keabisan akal bro, pilihannya ada dua, pulang ato minjem sepatu mahasiswa lain. Aku akhirnya memilih mencari pinjaman sepatu dari mahasiswa laennya. Tau gak alasanku kenapa semangatku tetep membara pengen kuliah? Salah satunya waktu itu aku belum absen, terus jadwal absensiku uda mepet banget, kalo ampe aku ndak ngisi absen lagi, bisa-bisa aku ndak bisa ikut UAS, soale uda kebanyakan bolos kuliah. Akhirnya aku cari pinjeman sepatu dari temenku yang biasa jaga dan tidur di Masjid Nuruzzaman, masjid legendaris yang ada di kampusku, soale nih masjid pernah disebutin di salah satu buku, “Perlawanan Dari Masjid Kampus”. Keren kan? Oke kembali lagi ke cerita tadi men. Akhirnya aku pun dapet pinjeman sepatu.

Kejadian kedua, aku diusir dari kelas waktu mau ikut ujian. Di salah satu point aturannya, ada aturan, kalo mahasiswa yang mau ikut ujian itu gak boleh make sandal, harus make sepatu. Akhirnya dengan kisah heroik dan dramatis yang sama (heroic dan dramatis dimananya? Perasaan gak ada sama sekali deh….), aku minjem lagi dari temenku yang ada di masjid Nuruzzaman, dan akhirnya boleh ikut ujian lagi deh.

Sebenere ampe sekarang aku masih bingung ama peraturan yang gak ngebolehin mahasiswa pake sandal di kampus. Emang apa korelasinya antara kecerdasan seseorang, kuliah dan pake sandal? Emang mahasiswa yang pake seneng pake sepatu itu selalu lebih pinter dari mahasiswa yang seneng pake sandal, kaos oblong ama suka mandi di kamar mandi kampus (kayake kok semuanya uda pernah aku lakuin ya? )

Tapi karena aku orange baik hati, tidak sombong, suka menolong, rajin, suka menabung, dan tidak mudah berburuk sangka (kalo mbaca tulisan ini, gak usah pada protes ama apa yang aku tulis), akhinya aku pun berbaik sangka aja ama yang bikin peraturan. Aku pun nganggep kalau semua peraturan yang dibuat itu pasti tujuannya baik. Sapa tau aja, peraturan itu untuk membuat mahasiswa lebih disiplin dan lebih sedep dipandang mata, soale kalo gak gitu, nanti apa jadinya kampus yang notabene instansi pendidikan untuk mencetak para calon bangsa (wuuuuusssss…tumben agak berbobot omongan gue)? Gak bisa dibayangin deh kalo semua mahasiswanya pake sandal jepit, kaos oblong, ato jarang mandi? Wah…wah gak bakalan fokus deh kuliahnya, yang ada malah tuh kampus baunya kayak TPA Bantar Gebang ato Benowo, terus ga bisa ngebayangin juga gimana muka mereka waktu ke kampusnya ndak mandi, terus pakaiannya juga ndak rapi (waktu uda mandi aja, kadang masih sepet diliatnya, apalagi belum mandi, he he he).

Aku sih cuma berharap aja moga kedepannya gak ada lagi mahasiswa yang kuliahnya dekil, pake kaos ama sandal jepit. Walaupun gak ada korelasinya ama otak, tapi kan gak ada salahnya kalo kita nyenengin orang yang liat muka ama penampilan kita en nyoba sedikit taat ama peraturan yang ada. Moga aja aku jadi mahasiswa terakhir yang ke kampus pake sandal (kayake gak mungkin banget deh…). Soale kalo aku jadi mahasiswa terakhir yang pake sandal di kampus, aku pun berhak dibuatin prasasti atau semacam tugu penghormatan di kampusku dengan tulisan “Monumen ini dibuat untuk mengenang Januar Adi Sagita, alias Guteres sebagai mahasiswa terakhir yang kuliah di kampus ini dengan menggunakan sandal jepit” (Kayake gak penting banget dan gak bakalan mungkin dibuatin ama kampusku ya?).

4 komentar:

  1. Jangankan pakai sandal, dikampusku yang dulu ada lho mahasiswa yang pakai kaos trus motifnya lurik2 alias bergaris2. Tak kira ya orang madura yang sedang jualan sate. Untung belum tak panggil pak sate..

    BalasHapus
  2. wah sampeyan kok punya teman mahasiswa kayak gitu?emange mahasiswa mana itu bu mei? ^_^

    BalasHapus
  3. emang temanku? siapa bilang itu temanku? aku aja ndak tau itu anak mana... sekedar liat aja kok... lha kok ya ada mahasiswa kayak gitu...

    BalasHapus
  4. wah berarti tuh anak hebat banget,soale berani tampil beda. Boleh kenalan gak ama tuh anak? he he he

    BalasHapus

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger