Pages

Jumat, 16 Oktober 2009

UNAIR BHPP: World Clash University

Judul dari tulisan ini bukanlah salah ketik. Memang ada unsur kesengajaan dalam melakukan penulisan tersebut. Judul tersebut sengaja ditulis karena merujuk pada kondisi sebenarnya yang sedang terjadi di kampus tercinta kita ini, UNAIR.
UNAIR memang sedang bersiap menuju BHPP ( Badan Hukum Pendidikan Pemerintah ) pada tahun 2012. Perubahan status ini merupakan sebuah konsekuensi yang harus diambil UNAIR yang diakibatkan oleh adanya UU BHP. Dalam perubahan status itu nantinya UNAIR akan menjadi sebuah kampus yang bertaraf dunia, serta kualitas yang bisa disejajarkan dengan kampus – kampus internasional. Sungguh sebuah prestasi yang luar biasa.
Tentunya menjadi sebuah kebanggaan kita bersama apabila UNAIR benar – benar dapat meraih cita – citanya tersebut. Akan tetapi hal tersebut hanyalah akan menjadi sebuah ilusi dan ironi apabila juga harus disertai dengan pengorbanan yang tidak sedikit pula. Tentunya yang menjadi masalah fundamental dalam masalah ini permasalahan biaya kuliah yang akan ditanggung oleh mahasiswa. Seolah – olah sudah menjadi sebuah hukum alam, apabila menginginkan perbaikan kualitas, maka harus diikuti pula dengan tingginya biaya yang harus dikeluarkan. Apabila UNAIR ingin menjadi sebuah kampus yang berkelas internasional, maka dia harus melakukan pembenahan disana – sini, khususnya dalam hal materi. Tentunya ini akan memakan biaya yang tinggi. Lalu dari mana UNAIR akan mendapatkan biaya tersebut jika dalam perubahan status tersebut, UNAIR akan menjadi sebuah kampus yang otonom, yang dalam pembiayaannya sangat minim sekali subsidi dari pemerintah. Ini menjadi sebuah pertanyaan besar bagi kita.
Sekali lagi dalam sejarah kita, mahasiswa akan menjadi korban dari kenaikan biaya kuliah ini. Mahasiswalah yang akan menanggung biaya dari impian dan ambisi besar UNAIR ini. Beberapa saat yang lalu pun masalah ini juga sempat meledak menjadi sebuah permasalahan yang mengemuka di UNAIR. Namun masalah ini pun mereda seiring dengan berjalannya waktu. Apabila hal yang seperti ini kita anggap sebagai sesuatu hal yang biasa saja, maka tentunya kedepannya akan menimbulkan sebuah benturan antara tugas suci dari pendidikan itu sendiri, dengan ambisi sesaat yang akan mengorbankan mereka yang seharusnya berhak mengenyam pendidikan itu sendiri. Bisa jadi jual beli bangku kuliah akan kita temui kedepannya di kampus tercinta ini. Dan apabila hal tersebut terjadi, maka bukan tidak mungkin di UNAIR akan terdapat sebuah slogan baru yaitu, “World Clash University”.
Salam Perubahan!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger