Pages

Jumat, 16 Oktober 2009

Kejantanan Mahasiswa

Mahasiswa adalah kelompok dari masyarakat kita yang sangat beruntung. Karena dia menjadi sedikit dari masyarakat kita yang bisa mengenyam pendidikan ke levwl perguruan tinggi. Dia juga seringkali disebut sebagai agent of change. Karena mahasiswa selalu didaulat sebagai salah satu kalangan yang akan menjadi motor dari perubahan bangsa.
Dari masa ke masa mahasiswa selalu saja menjadi motor gerakan perubahan bangsa ini. Mulai dari era colonial, lalu masa dictator Soekarno, era militer Soeharto, hingga era reformasi. Mereka selalu saja berani menyuarakan apa yang menurut idealisme dan gagasannya benar.
Akan tetapi dewasa ini peranan mahasiswa dalam proses transformasi bangsa ini dipertanyakan. Mahasiswa seolah – olah pada saat ini jauh dari peran semula yang seharusnya diembannya. Mereka hanya berada dalam zona nyaman yang berkubang di sekitar bangku kuliah, tumpukan buku – buku tebal, tapi minim tindakan. Inilah yang menjadi PR bersama bagi mahasiswa pada saat ini. Kalaupun ada yang peduli terhadap permasalahan bangsa pada saat ini, tidak jarang dari mahasiswa – mahasiswa tersebut yang ditunggangi oleh berbagai kekuatan partai politik. Sebagian besar mereka yang sering melakukan aksi di jalan – jalan adalah mereka yang memiliki chanel atau link – link ke partai politik tertentu. Dan tentunya agenda yang mereka bawa dalam aksi tersebut lebih sering merupakan agenda titipan dari partai politik tertentu.
Untuk itulah mahasiswa pada saat ini sedang mengalami sebuah tantangan jaman yang sangat berat. Tantangan ini dikatakan sangat berat karena ketika mereka hanya diam tanpa melakukan penyikapan terhadap problematika yang sedang dialami masyarakat, maka mereka akan dianggap sebagai pihak yang tidak tahu berterima kasih kepada negeri ini, karena hanya terkesan diam saja. Akan tetapi jika mereka bergerak, maka pada saat ini sudah sangat jarang sekali ada orang yang percaya terhadap murninya gerakan mahasiswa, karena seolah – olah sudah ada citra dalam masyarakat bahwa gerakan mahasiswa pada saat ini sudah banyak ditumpangi oleh oknum – oknum politisi tertentu.
Mahasiswa harus bisa menunjukkan kemampuannya dalam mengahadpi hal tersebut. Selain mengatasi hal tersebut, mahasiswa juga harus tetap memfokuskan konsentrasinya dalam memecahkan berbagai persoalan yang sedang dihadapi bangsa ini. Sudah saatnya mahasiswa menunjukkan kembali kejantanannya dan keindependenannya, agar dia benar – benar menjadi kalangan problem solver bagi masyarakat.
Salam Perubahan!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger