Pages

Selasa, 05 Juli 2011

Untukmu Para Sopir Angkot

Beberapa hari ini aku punya kebiasaan baru yang kayake buat sebagian orang kedengarannya aneh. Soale aku yakin banget jarang ada orang yang punya kebiasaan kayak aku ini. Yak, aku seneng banget merhatiin angkot-angkot yang lewat di depan rumahku. Tuh aneh kan? Kalo bukan orang aneh, pasti gak bakalan punya kebiasaan kayak gini. Orang pasti ngira aku orang yang gak punya kerjaan.

Dari hasil pengamatan dan penelitianku itu, (ciieeeee…liat angkot aja pake dikatain pengamatan dan penelitian) aku berhasil menemukan sebuah fenomena yang layak untuk dicermati. Ternyata, jumlah penumpang angkot akhir-akhir ini semakin menurun. Hal ini terbukti dari seringnya angkot yang lewat depan rumahku dalam keadaan penumpangnya cuman dikit, bahkan kadang-kadang kagak ada sama sekali, cuma ada sopirnya doank.

Uda gitu, aku denger-denger juga, baru-baru ini tuh para sopir angkot mesti nge remaja in (sengaja aku pisah tulisannya, biar enak bacanya) angkotnya yang umurnya uda 5 tahun keatas. Jadi anggap aja angkot yang keluaran tahun 2005 keatas uda kagak boleh lagi beroperasi di jalanan di Kota Surabaya ini bro. Katanya kalo tetep aja operasi, mereka bakalan ditangkep ama DLLAJ (cari tau aja di google apa itu DLLAJ). Cara nge remaja in nya gimana? Mereka mesti beli mobil baru lagi yang usianya kurang dari 5 tahun. Caranya terserah deh, mau kontan ato kredit DLLAJ kagak ngurus, yang penting baru. Buat beli mobil baru itu, dana yang harus dikeluarin ama mereka yang punya angkot sekitar ratusan juta. Kalo mau kredit, uang mukanya sekitar 45 Juta. Gillaaaaaaa!!!! Dapet dari mana man tuh sopir angkot duit sebanyak itu? Uda angkot pada sepi penumpang, masih aja dipalakin. Tapi emang begitulah nasib sopir angkot, seolah-olah kagak pernah lepas ama yang namanya himpitan hidup. Nasib…nasib… (sok ikutan prihatin.com)

Tapi, kita harus inget ama yang uda diomongin ama Syahrir, kalo kita gak boleh ngutuk kegelapan, tapi mesti nyalain lilin. Jadi kita mesti ngasih saran konkret buat para sopir angkot yang telah berjasa mengantarkan kemanapun kita pergi sewaktu kita ndak ada motor ato kendaraan pribadi (asal jauh dekat 3000 rupiah sih…).

Nah ini beberapa hasil semedi yang aku lakuin buat nemuin solusi dari masalah sopir angkot ini.

Pemberian Fasilitas Kepada Penumpang

Kira-kira apa yang ada di kepala kita waktu naek angkot? Uda panas, jalannya lambat banget gara-gara nungguin penumpang yang laen. Uda gitu, kadang kalo pas bareng naeknya tukang ikan, beeeeuuuuuhhh bisa dibayangin deh baunya kayak apa?

Nah supaya penumpang merasa nyaman di angkot, seharuse pemilik angkot harus menyediakan fasilitas yang memadai untuk penumpang. Misal, tuh angkot dikasih AC, full music, tv, majalah buat jaga-jaga kalo ada penumpang yang lagi bosen, tempat duduk yang bisa diselonjorin buat tidur, terus ada kamar mandi, makan gratis sekelas hotel bintang lima. Pasti deh kalo ditambahin fasilitas-fasilitas kayak tadi, pasti bakalan banyak orang yang naek angkot, asalkan bayarnya tetep 3000 rupiah aja. Tapi dijamin Surabaya pasti bakalan bersih dari angkot yang kayak gitu, soale ya gak bakalan ada pemilik angkot yang mau ngelakuin usulan gila kayak gitu. Uda fasilitasnya seabrek kayak pesawat gitu, bayarnya cuma 3000 rupiah aja. Terus akhirnya mereka ngomong kayak gini, sambil niruin gaya salah satu iklan ice cream, “3000 dapet apa ya?”

Pelayanan Yang Ramah

Harus aku akuin juga kalo aku sebenere males juga naek angkot. Salah satu hal yang bikin aku males naek angkot itu kadang sopire galak banget, apalagi kadang ditambah penampilan yang serem, misale rambut gondrong, bertattoo, giginya kuning, mata merah, badan ama upilnya gede banget (ini sopir angkot ama preman pasar?). Kalo ndak percaya, coba aja kalian naek angkot, terus bayarnya kurang. Pasti deh langsung orange nguber kalian en bawain kunci inggris buat ngepruk kalian (kayake terlalu berlebihan).

Terus, kadang kita juga sering banget naek angkot, tapi waktu belum nyampe di tujuan, eh malah uda diturunin di tengah jalan. Alasannya banyak banget waktu mau nurunin kita, alasan sepi lah, mau pulang lah, tempatnya jauh lah. Lha kalo kayak gitu, kenapa ndak ngomong dari tadi aja?

Nah, seharuse sopir angkot kudu bisa merubah image itu. Misal, waktu narek angkot, mereka kudu make pakaian yang rapi, wangi, sepatu pantofel, plus kalo perlu pake dasi en tanda pengenal juga. Terus, sepanjang perjalanan, sopir angkot juga wajib selalu senyum ama penumpang, en gak boleh masang muka yang gak enak buat diliat (bussyyeeeetttt, ini sopir angkot apa sopir taksi?).

Kalo perlu, di angkot itu juga disediain semacam pramugari kayak di pesawat-pesawat itu. Kan enak tuh, misale kita naek angkot, terus sopirnya uda rapi, wangi, terus ada pramugarinya. Bener-bener manteb gan :D

Pengisian Data Base Penumpang

Selain servis yang memuaskan, untuk menjaring kembali supaya penumpang naek angkot mereka lagi, penumpang kalo bisa juga diwajibin ngisi database. Misalnya, nama, profesi alamat, email, HP, terus biasanya naeknya dimana, jam berapa biasanya naek angkot.

Jadi mungkin kayak gini nanti datanya:

No

Nama

Profesi

Alamat

Email

HP

1

Sugimin

Tukang ikan

Jagir Wonokromo Gang Buntu, no 76 Surabaya

sugimin_ikansegar@yahoo.com

08575789xxx

2

Mat Thohari

Tukang Rombeng

Dupak Masigit DKA, no 10 Surabaya

thohari_rombengjaya@yahoo.co.id

081709567xx

Data base itu nanti bisa digunain buat pemasaran yang masif ke para penumpang

Pemasaran Yang Masif

Nah ini langkah yang paling penting dilakukan oleh para supir angkot kalo pengen angkotnya laku. Mereka mesti nggencarin yang namanya pemasaran. Misalnya, dengan nyebar-nyebarin brosur, ato ngiklanin angkot mereka. Ya persis kayak caleg kampanye gitulah.

Ato sekarang kan uda jamannya serba online, jadi gak ada salahnya kalo mereka masarin angkot mereka di dunia maya, kayak bikin Facebook, Twitter, ato Fan Pages di FB. Terus kalo perlu bikin group di FB, en ngadain diskusi di group itu seputar masalah ke angkot an. Wah dijamin pasti bakalan rame deh, bukan angkotnya, tapi FB ato twitternya maksudnya, he he he.

Selain FB ama twitter, SMS Center kayake juga perlu dipake buat strategi pemasaran. Misalnya, melalui SMS Center, sopir angkot nyebarin ucapan terima kasih kepada penumpang yang uda naek angkotnya. Pasti deh tuh penumpang bakalan seneng en terharu banget soale uda dapet SMS dari sopir angkot. Halahhh…lebay banget.

Kampanye Gerakan Kembali Ke Angkot

Kampanye perlu banget dilakuin para pengelola dunia per angkot an, untuk mengembalikan kesadaran masyarakat supaya naek angkot (emang selama ini masyarakat gak sadar ya? :D). Banyak sekali kampanye yang bisa dilakukan, misale dengan kampanye “Go Green”. Kira-kira bunyi kampanye ke masyarakatnya kayak gini, “dengan naek angkot, anda akan menghemat penggunaan sumber daya energy kita. Selamatkan bumi ini dengan naek angkot. Hidup angkot….hidup angkot!!!!”

Ato dengan persuasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Misal, “Dengan naek angkot, maka anda akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil, menyelamatkan ekonomi wong cilik, pro terhadap kesejahteraan kaum proletar dan rakyat miskin kota”. (Lha, ini sopir angkot ato aktivis? )

Oke, moga-moga aja masukan-masukan tadi bermanfaat banget buat para sopir angkot, gak cuman yang ada di Surabaya aja, tapi diseluruh belahan dunia ini (Kayake di luar negeri gak ada angkot ya, he he he). Tapi para sopir angkot tadi juga gak bakalan gila en mau ngelakuin saranku tadi. Soale gak mungkin en gak masuk akal banget, he he he. Oke deh, yang penting tetep semangat aja deh untuk para sopir angkot. Ingat, “Sopir angkot bersatu tak bisa dikalahkan!!!”. Kayak mau demo aja :D

4 komentar:

  1. tulisanmu lebay bro..

    tapi, aq tau kenapa kamu begitu cintanya dengan angkot. :)

    BalasHapus
  2. wakakakakakaa, lebay kenapa bro? Emang kenapa aku cinta angkot? :D

    BalasHapus
  3. ha... ha... ide bagus... kenapa antum ga jadi supir angkot aja pak?? maksudnya jadi provokator buat nerapin usulan antum tadi...biar usul yang aneh tadi bisa nyata...biar tulisane ga dibilang lebay,,,

    BalasHapus
  4. Wah boleh juga tuh. Supaya angkotnya jadi laris,Sopir angkot juga harus progresif he he he.:D

    BalasHapus

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger