Pages

Sabtu, 03 April 2010

Obama Dinanti, Obama Dibenci

Rencana kedatangan Presiden Amerika Barrack Obama ke Indonesia pada tanggal 19 – 25 Maret ternyata ditunda hingga bulan Juni mendatang. Meskipun telah ditunda, namun rencana kedatangan Presiden negara adidaya tersebut telah memancing polemik yang ada di Indonesia.

Pasalnya disatu sisi, Obama yang pernah tinggal di Indonesia selama empat tahun ini telah dinantikan oleh sebagian orang. Mereka yang merasa memiliki memori dengan Obama semasa Obama kecil dulu sangat ingin sekali bertemu dengannya. Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Terutama sekolah yang dulu pernah menjadi tempat Obama menimba ilmu semasa kecil, yaitu sebuah sekolah dasar yang ada di kawasan Menteng.

Akan tetapi di sisi yang lain, sebagian masyarakat kita juga terpecah dalam menyikapi kedatangan Obama tersebut. Mereka menolak kedatangan Obama ke Indonesia. Alasan mereka menolak Obama karena mereka menganggap bahwa Amerika adalah sebuah negara penjajah, dimana semua kebijakannya tidak terlepas dari campur tangan Obama. Seperti yang diketahui bersama bahwa pada masa pemerintahan Obama ini Amerika bukannya menarik pasukannya dari Irak dan Afghanistan, akan tetapi semakin menambah jumlah tentaranya yang akan ditugaskan di kedua negara tersebut.

Terlepas dari itu semua, mungkin ada baiknya jika mengambil sisi yang lain dalam menyikapi kedatangan Presiden Amerika tersebut. Kita tidak akan berpihak kemanapun dalam polemik yang sedang terjadi tersebut, akan tetapi mungkin sudah menjadi sebuah kewajaran jika kita tetap bersikap bijak dalam menyikapi hal tersebut. Tentunya ada sisi positif dan negatif dari kedatangan Obama ke Indonesia. Dan kita tentu bisa mengambil sisi positif hal tersebut, misalnya dengan kedatangan Obama di Indonesia, maka hal ini diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan dunia Internasional kepada Indonesia dalam berbagai hal, khususnya dalam hal keamanan dari terorisme dan minat investor asing untuk menanamkan modalnya ke Indonesia. Selain itu, kedatangan Obama ke Indonesia juga dapat diharapkan dapat memperbaiki hubungan antara dunia Islam dan Amerika. Karena beberapa pimpinan ormas Islam mengharapkan dapat bertemu dengan Obama agar dapat menjembatani keinginan dua dunia tersebut. Untuk sisi negatif dari kedatangan Obama ke Indonesia, mungkin kita bisa menyiapkan langkah – langkah antisipatif. Yang tentunya hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh pemerintah.

Mungkin kita sepakat bahwa kita tidak perlu menyambut Obama secara berlebihan, akan tetapi kita juga tidak boleh terburu – buru dalam mengambil sikap antipasti terhadap kedatangan Obama ke Indonesia. Karena kita tidak akan mungkin dapat menyampaikan apa yang selama ini menjadi keluhan dan kekecewaan kita terhadap Amerika tanpa adanya komunikasi, dan komunikasi tersebut tidak akan terbangun jika kita terburu – buru untuk bersikap antipati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger