Pages

Jumat, 15 Mei 2015

Percaya Media Ato Dukun?

Media buat zaman sekarang emang sulit banget dilepasin dari kehidupan masyarakat. Tiap hari kita mau gak mau mesti nelan apa yang disampein ama media. Baik karena kita sendiri yang nyari beritanya, ato secara ga sengaja kita nerima tuh informasi.
Masyarakat juga semakin banyak yang sadar klo gak semua berita yang ditayangi di media itu bener. Mereka uda mulai kritis, bahkan kadang-kadang mengklarifikasi kebenaran tuh berita dengan sumber berita lainnya. Tujuannya ya buat mastiin berita itu bener ato salah.
Biasanya, sikap kritis masyarakat terhadap berita muncul buat berita-berita yang bersifat negatif. Klo gak gitu, berita itu dianggap agak miring terhadap kelompok, ato orang yang diidolain. Misalnya, aku yang selalu berusaha klarifikasi klo ada pemberitaan miring soal JKT48 ato Juventus. Jadi klo ada berita jelek soal Juve ama JKT48 khususnya dek Melody, pasti deh uda aku bully tuh medianya. (Pendukung garis keras dek Melody).
Sikap kritis juga muncul waktu ada berita baik soal orang-orang yg gak kita sukai. Misalnya, klo ada berita bagus soal artis2 Korea (ngerasa kalah bersaing soal ketampanan aja sih), rasane sikap kritisku langsung muncul. Bahkan, karena terlalu kritisnya, selain klarifikasi dengan baca pemberitaan dari media lain, rasane juga pengen nendang wartawannya, ato bakar korannya :#ketawasadis :D
Sayangnya, sikap kritis itu gak muncul pas ada berita baik soal orang-orang yang emang kita anggap baik. Kita seringkali kehilangan daya kritis kita (tsssaaahh…..) waktu idola kita dibaik-baikkin ama pemberitaan media.
Contohnya klo ada media yg nulis dek Melody, ato dek Pevita Pearce itu cakepnya gak ketulungan, aku langsung percaya aja. Padahal tuh berita kan belum tentu bener ye? Walopun emang 100% bener. Gmn sih? Kok jadi absurd gini?
Ato mungkin klo yg agak serius, yaeelaah….baru sekarang seriusnya ternyata, misalnya buat warga Surabaya ada pemberitaan bagus soal kinerjanya Bu Risma, pasti deh langsung percaya semua. Dari survei yang aku lakuin secara ngasal, lebih dari 98% orang Surabaya pasti langsung manggut-manggut setuju, dan membenarkan waktu kinerja Bu Risma dipuji-puji ama media. Padahal kan belum tentu tuh berita bener.
Masalah ini pernah aku tanyain ke sejumlah mahasiswa dari Surabaya dan luar kota waktu aku diundang diskusi ama mereka. #eksis jeh. Aku tanya ke mereka, “Sampeyan tau kinerja Bu Risma itu bagus dari mana?”. Rata-rata mereka jawabnya dari media, walopun ada sebagiannya yang jawab dia tahu dari dukun dan makhluk ghoib. -____-
Nah, buat yang jawab infonya dari dukun n makhluk ghoib aku no komen deh, soalnya diskusi itu cuman buat makhluk kasat mata. Tapi buat yg jawab dari media, anda berntung krn dapat respon dari pemuda paling ganteng dari pinggiran Kali Jagir.
Waktu itu aku tanya ke mereka lagi, dari mana mereka tahu klo berita itu bener, dan kenapa percaya gitu aja? “Padahal kan selama ini mahasiswa itu dikenal sebagai kelompok orang-orang kritis, tapi kenapa percaya aja ama berita media?” Dapet pertanyaan itu, mereka tambah bingung lagi.
Tapi aku juga dpt pertanyaan yg berkaitan ama masalah itu, yg gak kalah bikin bingung gan. “Kalo gitu kita mesti percaya siapa donk?” #nahloe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger