Pages

Selasa, 07 Juni 2011

Ketika UAS Pengantar Ilmu Administrasi Negara Tiba!!!

UAS ato Ujian Akhir Segalanya, eh sorry maksudku Ujian Akhir Semester bagi sebagian mahasiswa kayake jadi sesuatu yang cukup menyebalkan. Karena UAS menyita sebagian besar energi mahasiswa untuk melakukan aktifitas penting lainnya, kayak maen PS, baca komik, nongkrong, tidur siang (hiyaa…aktifitas pentingnya kayak gini, gimana yang gak pentingnya?).

Termasuk aku sendiri juga termasuk ke dalam kelompok mereka yang gak terlalu suka ama yang namanya UAS. Buat aku, UAS uda jadi kayak phobia tersendiri. Kalo ada orang yang phobia ama ketinggian, tempat gelap, orang asing, mungkin aku adalah orang yang masuk dalam kategori “UAS Phobia”.

UAS emang perlu persiapan yang bener-bener mateng. Aku harus belajar semaleman buat nyiapin UAS. Ya, cukup semalem aja!!! Malam-malam yang lainnya gimana? Ya maenlah, ngapain juga mikirin UAS waktu lagi gak ada jadwal UAS. Kayake hampir semua mahasiswa juga ngelakuin kebiasaan yang sama kayak aku, nyiapin UAS ato belajarnya cuma H-1 malam menjelang UAS ato UTS.

Tapi gara-gara kebiasaan itulah, aku jadi pernah ngerasain akibat yang ampe kapanpun mungkin gak bakalan aku lupain. Waktu itu aku masih kuliah semester1. H-1 malam aku belajar mati-matian praktekin strategi 4-4-2 di Winning Eleven, eh sorry…sorry maksudku lagi mati-matian belajar bahan UAS (Jadi ketahuan deh…). Dan kebetulan banget, jadwal UAS nya adalah mata kuliah PIAN ato Pengantar Ilmu Administrasi Negara, yang kebetulan dosennya dikenal sebagai dosen senior en agak susah banget buat ngasih nilai bagus ke mahasiswanya. Sorry bro, aku gak berani nulis bahasa yang agak kusruh tentang beliau, jadi bahasanya agak aku halusin dikit, terus aku juga gak bakalan sebutin nama dosen itu, soale takut orange baca tulisan ini he he he, piss pak.

Alhasil setelah belajar semaleman, paginya aku jadi nguantuk banget. Setelah shalat subuh aku langsung tidur lagi aja, karena aku pikir UAS nya masih lama, jam 9.30, en aku pasang deh alarm jam 8.00. Aku sengaja pasang alarm jam 8 pagi supaya bisa belajar sekitar satu jam, lumayan buat nyegerin hapalan materi yang uda aku hapalin semalam.

Tapi waktu aku bangun, aku liat jam di HP ku, ternyata bukan jam 8 pagi lagi, tapi jam 10 pagi. Ahhh….tidak!!!! Bussyyeeeeetttt, gila, ujian jam jam 9.30, tapi baru bangun tidur jam 10 pagi!!!!! Pemuda macam apa aku ini? Gimana mau maju bangsa ini kalo semua pemudanya kayak aku? (lebay mode: on) Aku langsung aja samber baju yang ada di jemuran, karena ndak sempet setrika lagi, akhirnya tuh baju aku langsung pake aja, aku uda gak peduli mau rapi ato kumel (hari biasa aja sering kumel, apalagi waktu terdesak kayak gitu). Aku juga langsung ke kamar mandi, tapi bukan mau mandi, cuma cuci muka, gosok gigi, ama basahin rambut. Jurus ini memang selalu aku pake, kalo kepepet en lagi males mandi, dan emang terbukti ampuh banget, karena banyak yang nyangka aku uda mandi, he he he)

Terus aku langsung aja ke kampus naek motor ku. Di perjalanan aku bener-bener gak tenang, aku sering banget liat jam di hp tiap kali ada kesempatan. Aku juga terus doa supaya UAS itu molor, aku uda gak peduli doaku itu jelek ato bagus, yang penting UAS molor ato tertunda. Mulai doa supaya soalnya ilang, terus dosennya juga terlambat, ato yang paling terakhir supaya kampusku kebakaran . Wah…wah…kayake yang terakhir ini terlalu ekstrim, jadi aku ndak jadi doa yang kayak gitu.

Akhirnya aku nyampe di kampus. Habis markir motor di parkiran, aku langsung aja ke lantai 3 sambil setengah lari-lari, soale ruangan ujian ada di lantai 3. Dan aku nyampe juga di depan ruang ujian dengan nafas yang terengah-engah, kayak orang abis naek Gunung Lawu yang digabungin ama Gunung Semeru (lebay lagi.com). Tanpa pikir panjang, aku langsung aja ketok pintu ruang ujian, terus aku buka deh tuh pintu.

Dan ternyata sang dosen senior itu juga ada di ruangan itu. Aku juga heran, kok tumben banget beliau jaga ujian? Padahal biasanya kalo ujian mata kuliah yang laennya, yang jaga cuma karyawan fakultas aja.

Beliau langsung tanya, “Kenapa kamu telat Yan?”

“Ban motor saya bocor pak, terus rantainya putus”, aku asal jawab aja, supaya beliau bersimpati terus dibolehin deh ikut ujian. (wah kayake perbuatan yang satu ini gak bisa dicontoh, karena ndak baik bohongin orang, he he he)

Tapi ternyata bukan belas kasihan dan simpati yang aku dapat, apalagi XL dan IM3 (apaan sih?kok gak nyambung), malah beliau tanya, “kamu tau kan ini jam berapa?”.

“Ehmmmm…jam berapa ya pak?”, jawabku berlagak blo’on.

“Jam setengah 11 yan”. Jawabnya enteng

“Oh iya pak”, jawabku yang juga berusaha mengimbangi ketenangannya sambil terus mengatur nafasku yang terengah-engah, lantaran suasana tegang dan ditambah hasil menaiki tangga menuju lantai 3 fakultas dengan lari-lari.

“Kamu tau kan aturannya kalo mahasiswa yang telat ujian lewat setengah jam, dia gak boleh hidup di dunia ini”, ujarnya. Hah sadis banget pak???!!!

Sorry…sorry…dialog itu ndak ada kok, kalian ndak usah khawatirlah, dosenku bukan tipe psikopat kok. Tapi dia cuma ngomong yang intinya, mahasiswa yang telat ujian lewat setengah jam, gak boleh ikut UAS.

Tapi bukan Januar namaku kalo aku punya sikap pantang menyerah. Aku akhirnya ngeloby dosen itu supaya ngijinin aku bisa ikut UAS. Aku langsung pasang aja muka melas buat ngadepin dosen itu, sambil terus ngeloby.

Dan kayake strategiku bakalan berhasil. Dosen itu pun bilang,”oke, ini soalnya dan lembar jawabannya”, ujarnya. Hatiku bener berseri-seri karena aku pikir uda diijinin buat ikut UAS.

Tapi harapanku bener-bener ancur lagi, dan jurus loby ku mengalami kegagalan total, waktu dia ngucapin beberapa kalimat pelengkap dari kalimat sebelumnya.

“Tapi tolong kamu kumpulkannya tahun depan saja ya. Soal itu untuk kamu latihan di rumah buat persiapan UAS tahun depan”, kata tuh dosen dengan entengnya.

Hancur sudah harapanku. Musnah sudah hasil belajarku semaleman, karena gak jadi ikut UAS. Tapi, dengan berlagak sok optimis dan sok memiliki harga diri yang tinggi, akhirnya aku keluar dari ruang ujian. Tapi begitu uda keluar ruangan, aku bener-bener lesu darah. Yah malu lah, kalo sampe keliatan lemes di kelas, didepan temen-temenku yang lagi ikut UAS, apalagi sampe nangis. Gengsi men!!!

Tapi dari situ aku ambil sisi positifnya aja. Mau tau apa sisi positifnya? Yak, sisi positifnya adalah bentar lagi adalah liburan, karena habis UAS selalu ada liburan panjang. Dan ini juga berkorelasi ama kata pepatah, “Tatkala malam telah pekat, maka fajar akan segera datang”. Kok kayake ndak nyambung ya? Dan juga kayake kok ndak ada beban ya abis ndak boleh ikut ujian? He he he. Tapi yang penting kegagalan UAS bukan akhir segalanya, karena dibalik kegagalan selalu ada keberhasilan yang menanti.

6 komentar:

  1. Huaakakakakkakakakka....... koplak. emang.,..... bagaimana bisa indonesia dipegang pemuda macam kau nak.....

    BalasHapus
  2. ha haha, justru inilah tipe pemuda masa kini, he he he (ajaransesat.com)

    BalasHapus
  3. salam kenal mas, dari ibnu - putri cppgames555.co.cc, kami tidak akan segan berbagi ilmu dengan anda. silahkan gabung.

    BalasHapus
  4. Injih, sama-sama, saya sangat menantikan ilmu dari sampeyan

    BalasHapus

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger