Pages

Senin, 28 Juli 2014

Lebaran Dan Tradisi Tanya “Kapan Nikah”?




Lebaran harusnya jadi momen yang cukup menyenangkan. Coz bisa  ketemu sanak sodara yang jauh, dan saling maapin kesalahan satu sama lain, ato cuman sekedar bagi2 angpow bagi mereka yang rezekinya uda cukup.  

Tapi, buat para jombloers, lebaran kadang bisa berubah jadi momen yang nyeremin #tssaahhh. Jelas banget, buat mereka yang masih jomblo pasti bakalan jadi sasaran tembak pertanyaan2 yang sepele tp sulit dijawab, “kapan uda nikah, kapan nyusul kakakmu yg udah nikah, kok masih sendiri, dan bla…blaaa…

Kadang aq mikir, sebenarnya buat apa sih mereka Tanya kayak gitu? Apa coba motifnya?
Nyemangati biar cepet nikah? Kenapa mesti di depan orang banyak gan? Knp gak pas sendirian aja ato waktu gak ada orang lain? Aq sendiri sih sebenarnya gak terganggu ama pertanyaan kayak gitu. Coz aq nganggepnya cuman angin lalu, bahkan cuman bahan bercanda aja. 

Tapi bayangin buat mereka yang punya perasaan peka, apalagi cewek. Ditanya kayak gitu kan seolah2 mereka gak laku. 

Padahal kan banyak gan alasan orang buat gak nikah dulu. Misalnya kerjanya belum mapan, belum ada pasangan yang tepat, pengen ngejagain ortu dan adek2nya dulu, dan sebagainya.
Lagian juga, kadang orang2 yang “nyemangatin” para jombloers buat cepet nikah juga gak ngasih contoh konkret ideal yang bisa ditiru. Misalnya, rata2 cowok yang uda nikah itu mesti takut ama istrinya. Lha, laki2 jomblo mana yang bakalan rela ngelakuin hal kayak gitu gan? Diatur ama istri, gak bisa kumpul ama temen2nya, nongkrong bentar aja uda ditelponin karena 3 anaknya pada rewel. #berdasarkan kisah nyata temenku gan

Terus dari segi materi, walaupun gak semuanya, kadang mereka yang uda nikah kehidupan materinya masih lebih sulit dari yang jomblo. Faktanya, masih ada beberapa orang temenku yang uda nikah, yang sering minjem duit ke temen2nya yang masih jomblo. 

Okelah, mungkin aq bisa nganggep pertanyaan “kapan nikah” itu muncul karena motif dendam sang pelaku. Bisa jadi mereka yang tanya kayak gitu, dulunya juga sering ditanyain “kapan nikah”, bahkan caranya lebih sadis. Misal, ditanyain "kapan nikah" pake cara diancam ama bawa golok. Terus ada juga yang ditanyain ala interogasinya polisi yg pake gebrak2 meja itu plus di belakangnya pake latar belakang semua adegan serem yang ada di film Saw, Final Destination, pokoknya yg serem2 deh.

Makanya, kadang aq salut ama sebagian temen yang uda nikah, tapi gak ngajuin pertanyaan cemen kayak gitu orang yang belum nikah. Sebab, ngajuin pertanyaan “kapan nikah” ke jombloer itu sama kayak nanyain “kapan punya anak?” ke pasutri yang belum punya anak, ato nanyain” kapan pny rumah” ke keluarga yang rumahnya masih ngontrak.

Jadi, kedepannya ane harap sih lebaran bisa lebih indah buat para jombloer dg tidak mendengarkan lagi pertanyaan kayak gitu. Tapi kalaupun ada, nanggepinnya juga tetep santai gan, woles gitu :D #Lebaran1435Hceria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger