Pages

Kamis, 09 Juni 2011

Ujian Matematika Ato Ujian Mematikan?

Sebenere matematika pernah menjadi mata pelajaran favoritku. Ya, mata pelajaran itu emang pernah menjadi mata pelajaran favoritku waktu SD dulu. Aku suka matematika waktu SD karena pelajarannya ndak terlalu sulit, mungkin cuma ada pertambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, ato mengenal bangunan dua dimensi, dan beberapa bagian ilmu yang gak terlalu sulit lainnya (ya iyalah namanya juga matematika tingkat SD).

Tapi, kadang bener apa yang dikatakan ama si pepatah (ampe sekarang aku masih gak ngerti apa artinya kata “pepatah”), kalo cinta yang berlebihan itu kadang akan berubah menjadi benci yang berlebihan juga. Kecintaanku pada matematika (sok banget) berubah menjadi kebencian yang mendarah daging pada saat aku menginjak bangku SMA (jadi bangkunya bukan aku duduki, tapi aku injak-injak, sangking jengkelnya ama matematika).

Pelajaran yang dulu hanya pertambahan kayak 1+1= 2, ato 10x2=20, saat SMA harus berganti dengan rumus-rumus persamaan, phytagoras yang dipake buat ngitung sudut segitiga, terus ada juga yang namanya mean, modus dan median (hadeeehh makanan apa lagi nih?).

Sebenere sih aku ndak suka matematika juga bukan salahku sendiri. Mungkin perkara awalnya itu gara-gara kacamata yang aku pake ini ndak mampu digunakan untuk jarak pandang yang terlalu jauh. Akibatnya aku ndak bisa baca tulisan di papan tulis, terus jadinya ya males deh liat guru nerangin rumus-rumus yang gak bisa aku baca. Jadi ya mendingan aku tidur aja deh daripada kepala pusing liat rumus yang gak jelas (halah pake nyalain kacamata segala, bilang aja kalo lagi pengen tidur).

Gara-gara itu juga, dalam setiap ada ujian matematika, otakku selalu dituntut lebih keras untuk berpikir dalam menghadapi ujian itu. Tapi kalian jangan baek sangka dulu ama aku, he he he. Aku mikirnya bukan buat belajar supaya besok bisa ujian dengan lancar, tapi gimana caranya nyiapin strategi nyontek yang jitu, strategis, efektif dan efisien.

Tapi kejahatan itu pasti bakalan kalah juga (uda tau gak bener masih juga dilakuin). Karena aku juga pernah gagal total dalam nyiapin strategi nyontek yang jitu, strategis, efektif dan efisien.

Waktu itu aku masih di kelas 2 SMA. Ujian matematika waktu itu bener-bener sulit banget buat aku lupain. Kayake saat itu bener-bener jadi hari yang mendebarkan buat aku ama temen-temenku sekelas. Bener-bener dramatis dan heroik (dimana nilai heroiknya ya?). Momen ini bakalan jadi ajang pembuktian tentang siapa yang akan menjadi siswa tercerdas di kelas itu. Gimana gak jadi ajang pembuktian siapa yang tercerdas, selain mereka yang uda belajar semaleman dan langganan dapet nilai bagus ingin membuktikan kemampuan berhitung mereka, juga ada mereka yang tanpa belajar tapi ingin sukses di ujian itu dengan menggunakan strategi nyontek yang efektif dan efisien, serta strategis. Dan aku adalah termasuk mereka yang berada di golongan terakhir yang aku sebutin tadi.

Aku pun uda nyusun semua strategi dan cara yang dirasa perlu untuk diambil sebagai tindakan antisipasi. Mulai dari catetan rumus yang aku tulis di kertas kecil, ampe duduk di dekat mereka yang terbilang ahlinya dalam hal matematika.

Tapi kayake semua rencana yang uda aku siapin itu gak berguna waktu Pak Nanang, guru matematika ku waktu itu ngumumin hal yang diluar dugaan. Yak, waktu itu Pak Nanang punya strategi laen untuk ngantisipasi terjadinya kegiatan contekan yang akan dilakukan murid-muridnya. Dia ngerubah posisi duduk murid-muridnya. Mereka yang dianggap cerdas ama Pak Nanang ditempatkan di bangku depan, sedangkan mereka yang dicurigai sebagai pihak yang akan melakukan kecurangan ditempatkan dibarisan bangku belakang. Hal ini bener-bener membuyarkan strategi yang sudah aku susun dengan sangat matang, untuk menghadapi ujian matematika kali ini. Kayake nih orang bener-bener paham tabiat murid-muridnya saat ujian, dan mengetahui berbagai strategi yang bakalan dilakuin ama murid-muridnya.

Dan sudah bisa ditebak aku ditempatkan dimana kan? Yak aku ditempatkan dibarisan belakang. Sebenere kalo dipikir-pikir ini seharuse jadi berita yang menggembirakan, sebab dengan duduk di barisan bangku belakang, maka pergerakan ku untuk melakukan contekan saat ujian itu terbuka lebar. Tapi kalo dipikir ulang, ya percuma ajalah, soale semua yang duduk di barisan belakang itu ya sama-sama ndak bisa diandalkan satu sama laen. Tau sendiri kan, kalo kita mau nyontek kan kita juga harus pilih-pilih siapa yang akan kita mintai jawaban contekan, gak bisa sembarangan bro. Inilah yang dinamakan kejahatan yang berkualitas (kejahatan kok berkualitas?). Kalo semua sama-sama ndak bisa ngerjakan soal ujian matematika itu, ya berarti sama aja duduk di barisan bangku belakang itu gak ada gunanya. “Anjriitt!!!!!”, gerutuku waktu itu. Sebenere sih aku menggerutunya lebih parah dari itu, cuma sengaja aku ganti, soale takut disensor ama Lembaga Sensor, he he he.

Dan akhirnya saat ujian pun, aku ama para manusia yang menghuni lini belakang itu mengerjakan ujian dengan amat pasrah. Dan, lebih parah lagi, ternyata rumus-rumus yang uda aku tulis itu ternyata juga ndak terlalu berguna, karena yang namanya rumus itu harus diaplikasikan, sedangkan aku ndak tau gimana caranya pake rumus itu. Bener-bener parah deh kondisi waktu itu!!!

Yang aku pikirkan waktu itu cuma kapankah ujian ini akan berakhir? Karena pikiran uda butek banget, ndak nemukan solusi, en kehabisan tenaga, jadi ya mending segera keluar aja deh buat istirahat. “Pokoknya yang penting aku tulis jawabanku, gak peduli bener ato salah, yang penting uda aku tulis jawaban dan dapet nilai dari ongkos nulis jawaban ini”. Pikirku. Ya itulah yang aku pikirkan waktu itu. Soale kecil banget ngarepin dapet nilai lantaran jawabanku bener ngejawab soal ujian. Jadi satu-satunya harapan buat ngedapetin nilai ya ngandelin belas kasihan Pak Nanang, en ngasih ongkos nilai berupa nilai sekadarnya di ujian itu. Karena aku tau satu rahasia, gak mungkin guru ngasih nilai nol, kalo soal ujianny uda dijawab meskipun salah semua. Mungkin itu bisa dikatakan sebagai harapan orang yang putus asa. Hadeeehhh, aku gak peduli deh kalian mau ngomong apa.

Kalo tau gini, mendingan aku belajar aja deh yang giat (cieeee….baru tau rasa). Soalnya percuma juga, nyiapin banyak cara buat ngelakuin kecurangan, soale ujung-ujungnya gagal juga. Kalopun berhasil juga ati gak bakalan tenang, sebab bukan hasil sendiri. Terus apa yang mau dibanggain dari hasil nipu??? Lagian gak semua jawaban dari berbuat curang itu bener, karena pasti temen kita yang mau ngelakuin kecurangan juga bakalan ngandelin kita. Lha kalo sesama orang bodoh saling mengandalkan, terus siapa dong yang bodoh? Jadi mendingan kita pede aja ama kemampuan kita sendiri, tapi juga gak asal pede. Pedenya harus bermodal, modalnya ya belajar tadi. Dan jangan lupa doa ama Allah, karena Dia yang selalu nentuin hasil akhir dari usaha kita. Bener gak bos?

5 komentar:

  1. *stuju ma kata2 trakhir..*
    tnyata pas SMA suka nyontek & pas kuliah sering dtg telat dgn lusuh..
    klo yg ptama kyakny skrg udh enggak y..(kn udh lu2s), tp klo yg kedua kyakny smp skrg msih deh.. =p

    BalasHapus
  2. Wah kayaknya anda masih salah mbak. Aku gak suka nyontek sejak SMA kok, tapi sejak SMP (Halah tambah parah...) Kalo yang kedua bukan masih lusuh mbak, tapi lebih parah. Bahkan di kantor aku pernah dikira sopir. ya gini ini lah, resiko orang low profile (alasan klise :D )

    BalasHapus
  3. loh..kok dikira sopir, bukanya kalau sopir itu malah pakaiannya rapi ya??klo tukang becak tuh baru lusuh.. =p

    BalasHapus
  4. wah berarti lebih parah dunk? Tapi aku khawatire nanti tukang becaknya malah tersinggung, terus ngomong kayak gini"enak aja gue disamain ama Januar, gue lebih keren dan rapi dari Januar coy". wakakakaka

    BalasHapus
  5. haghagahag..
    hmmm..benar juga, sepertinya tukang becaknya bakal protes seperti itu..

    BalasHapus

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger