Pages

Jumat, 08 Maret 2013

Baju Koko Bajunya Terdakwa?!!!




Gan, pernah lihat sidang di pengadilan gak? Ada yang aneh gak? Tapi klo gak bisa nemuin, tolong jangan dipaksain ya gan. Soalnya ini membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi. Tulisan ini juga sangat tidak direkomendasikan untu dibaca oleh kalian yang memiliki IQ dibawah 125. Coz kalian dijamin akan muter dan memeras otak kayak cucian basah. Sumpah berat banget gan!!!!

Nah, tulisan ini mau ngebahas soal kenapa kok para terdakwa yang disidang ama pengadilan itu pakaiannya selalu sama? Kalo yang cowok mesti make kemeja ato koko putih, bawahan item, sama peci. Nah, itu juga alasanku males pakai baju koko gan. Coz mirip banget ama terdakwa yang lagi ikut sidang.

Terus, klo yang cewek kenapa mesti pake jilbab ato kerudung? Halooo…ini mau ikut sidang di Pengadilan ato ikut sidang jumatan sih???

Aq juga g tahu sejak kapan ada aturan semacam gitu di pengadilan, bagi terdakwa mau sidang mesti pakai pakaian kayak gitu!!! Aq sih sama sekali g sepakat gan ama yang begituan. 

Ini nih beberapa alasan knp gak sepakat ama hal yang kayak gitu:

1.   Bisa muncullin efek yang gak bagus buat orang lain. Maksudnya gini gan, tuh terdakwa kan pakaiannya kayaknya kok sok jadi orang baik banget. Ini terlepas dari dia bener ato salah dalam persidangan. Tapi dengan doi pakai pakaian yang kayak gitu, justru akhirnya menimbulkan simpati dari masyarakat. Jadi seolah2 tuh orang melas banget, dan suci, apalagi waktu dia bawa2 simbol agama tertentu (walaupun pakaian itu masih debatable apakah bisa dibilang simbol agama ato ndak).  Akhirnya bukannya orang malah benci ama penjahat, malah banyak suka. En yang paling ekstrim tentu aja akhirnya ada yang pengen nyontoh ngelakuin kejahatan yang sama karena rasa simpatik tadi gan. Nah, klo gitu bisa2 nih negara malah banyak penjahat karena dianggap keren. 

2.   Butuh Variasi. Kalo yang ini sih lebih ada selera aja sih gan. Dari berbagai sidang di pengadilan yang pernah aq liput, dari segi pakaian terdakwa emang ngebosenin. Makanya itu aq bilang butuh variasi. Misalnya, sesekali lah para terdakwa itu waktu sidang harus pakai jersey bola. Kan asyik tuh, klo terdakwanya misalnya pakai jersey nya MU. Terus orang yang nonton sidang juga pakai jersey bola, jadi sidangnya bisa semangat deh. Ato, para terdakwa itu diwajibin pake pakaian yang kira2 dibenci banget ama masyarakat. Misalnya, mereka dipaksa buat pakai pakaian tentara kompeni, Jepang, ato pocong lah. Jadinya, itu bisa menimbulkan emosi kebencian masyarakat ama para terdakwa, akhirnya mereka juga gak simpatik ama pelaku kejahatan en kejahatannya itu sendiri gan.

Nah, itu tadi saran en masukan dari aq gan, supaya dunia persidangan di Indonesia lebih asyik dan variatif. Cos selama ini dunia peradilan emang terlalu banyak mafianya dan bikin orang marah, makanya bikin aja kayak gitu buat ngeredam sedikit kejengkelan orang2. 

Tapi aq juga tau sih klo tuh usulanku gak bakalan digubris. Cos, secara gitu loh!!! Gak penting juga. Aq aja juga sebenarnya males nulis kayak gini, tapi daripada nih jari nganggur, cos ini nulisnya juga pas lagi di WC kos, sambil cari gayung buat nyiram!!!

About

Planet Blog

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Indonesian Blogger